Tips dan Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Baik dan Benar - Mytips.id

Tips dan Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Baik dan Benar



Mytips.id - Surat lamaran kerja tulis tangan mungkin terlihat kuno di era digital ini, tetapi keahlian ini tetap bernilai dan relevan dalam dunia kerja. Melalui tulisan tangan, personalia atau HRD perusahaan dapat menilai kemampuan calon karyawan.

Surat lamaran kerja tulis tangan dapat menonjolkan keterampilan tulis tangan yang rapi dan terorganisir, serta menunjukkan kualitas seperti ketelitian, kesabaran, dan dedikasi.

Tips Membuat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Selain kesan personal, surat lamaran kerja tulis tangan juga dapat menunjukkan keahlian komunikasi seseorang. Oleh karena itu, surat lamaran harus ditulis dengan baik dan benar.

Berikut tips membuat surat lamaran kerja tulis tangan yang efektif dan menarik.

1. Memperkenalkan Diri

Memperkenalkan diri secara profesional dan jujur, hal ini bertujuan supaya tidak ada kekecewaan pada pihak perusahaan ketika melakukan sesi wawancara.

Ceritakan secara singkat jelas padat mengenai ketertarikan dan alasan melamar pekerjaan tersebut.

2. Singkat, Padat dan Jelas

Buat surat lamaran kerja dalam satu lembar saja. Gunakan bahasa lugas, jelas dan padat sehingga tidak terkesan bertele-tele.

3. Gunakan Kertas yang Baik

Pilih kertas berkualitas tinggi tidak terlalu tipis atau terlalu tebal, atau sesuaikan dengan jenis kertas yang diminta oleh pihak pelamar kerja.

4. Gunakan Pena Hitam

Pastikan pena digunakan tidak bocor dan menghasilkan tulisan yang jelas dan rapi. Hindari menggunakan tinta yang terlalu cerah atau terlalu gelap sehingga sulit dibaca.

5. Tulis dengan Rapi

Pastikan tulisan lamaran kerja rapi dan mudah dibaca. Gunakan ukuran huruf yang tidak terlalu kecil atau terlalu besar. Hindari tulisan yang terlalu miring atau condong.

6. Gunakan Format Surat Lamaran yang Tepat

Surat lamaran tulis tangan sebaiknya mengikuti format surat bisnis standar. Mulailah dengan tanggal, diikuti oleh alamat penerima surat, salam pembuka, paragraf isi, salam penutup, dan tanda tangan.

7. Jaga Kebersihan dan Keseragaman Pastikan surat lamaran terlihat bersih dan rapi. Hindari coretan, tumpahan tinta, atau perbaikan yang terlihat tidak rapi. Perhatikan keseragaman spasi antara paragraf dan margin di setiap sisi surat.

8. Periksa Tata Bahasa dan Ejaan

Pastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau ejaan dalam surat lamaran. Periksa kembali sebelum menulis surat dan periksa lagi setelah selesai menulis untuk memastikan tidak ada kesalahan yang terlewat.

9. Gunakan Bahasa Formal

Surat lamaran adalah dokumen resmi, jadi gunakan bahasa formal dan sopan. Hindari penggunaan bahasa yang terlalu informal atau kata-kata slang.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Lampiran : 1 (satu) berkas)                                                                         Depok, 23 Juni 2023

Kepada Yth

HRD PT. Bumi Berkah

Jln. Margonda No 1, Depok


Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh di website pencari kerja. Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin membuka lowongan untuk posisi humas.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                           : Muhammad Sulthan

Tempat, Tanggal Lahir : Banten, 13 Mei 1995

Alamat.                        : Kalibaru, Cilodong 

No Telepon.                 : 089011405114

Pendidikan                   : S1 Ilmu Komunikasi

Bermaksud mengajukan lamaran pada posisi tersebut. 

Saya memiliki pengalaman bekerja sebagai humas pemerintahan Kota Depok selama kurang lebih 2 tahun. Besar harapan saya dapat melanjutkan proses rekruitmen ini.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu saya lampirkan dokumen pendukung yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Daftar riwayat hidup
  2. Lampiran lainnya


                                                                                                                                 Hormat Saya,


                                                                                                                     Muhammad Sulthan, S.I.Kom


Membuat surat lamaran kerja tulis tangan yang profesional, kamu dapat memberikan kesan baik kepada personalia atau HRD perusahaan.


Posting Komentar