7 Tips Menjaga Kesehatan Mental, Bantu Kamu Lebih Tenang - Mytips.id

7 Tips Menjaga Kesehatan Mental, Bantu Kamu Lebih Tenang

 

Mytips.id - Berikut ini adalah tujuh tips menjaga kesehatan mental yang bisa membantu hidup kamu lebih tenang.

Dalam hidup banyak hal yang tidak bisa kita kendalikan. Hal-hal yang terjadi di luar ekspektasi terkadang mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

Rasa cemas dan stres yang berlebihan bisa berdampak pula pada kesehatan fisik. 

Maka dari itu penting untuk kita menjaga kesehatan mental, karena jika tidak, kita akan kesulitan dalam menjalani keseharian.

Memang, kondisi kesehatan mental setiap orang berbeda. Tapi sebagai manusia kita perlu berusaha untuk memiliki kemampuan dalam mengendalikan diri dan emosi agar bisa menjadi manusia yang valuable dan berfungsi dengan baik. Berikut tips yang bisa kamu lakukan!

1. Menjalani pola hidup sehat

Melansir scientificworldinfo.com, dengan artikel berjudul How Does Your Lifestyle Affect Your Mental Health, menjabarkan beberapa poin dalam menjalani pola hidup sehat untuk kesehatan mental, antara lain:

Makan Sehat 

Makan dengan sehat akan meningkatkan mood dan mampu mengembalikan integritas struktur sel otak yang dibutuhkan untuk meningkatkan fungsi kognitif. 

Berolahraga

Berolahraga juga sangat dianjurkan karena saat bergerak, tubuh memproduksi hormon endorfin yang berguna untuk menghilangkan rasa sakit, menimbulkan rasa puas, dan juga menekan stres. 

Atur Jam Tidur 

Menjaga pola tidur sangat penting dilakukan. Karena saat kurang tidur kamu akan merasa cepat cemas dan tubuh pun kekurangan waktu untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, yang bisa menyebabkan kamu mudah stres.

Relaksasi

Selain itu lakukan relaksasi seperti bedtime yoga maupun meditasi. Hal ini membantu kamu mengendalikan emosi dan bisa mentoleransi rasa frustasi. 

Nah, coba kamu flashback, jika kamu sering merasa stres dan cemas, bisa jadi pola hidup yang buruk menjadi salah satu indikatornya.

2. Lakukan Journaling

Mengutip University Rochester Medical Center, dalam artikelnya yang berjudul Journaling For Mental Health, berikut manfaat journaling antara lain. 

  • Mengelola kecemasan dan ketakutan

  • Mengurangi stres

  • Mengatasi depresi

 
Mengapa Jornaling bisa membantu menjaga kesehatan mental?
  • Membantu memprioritaskan masalah 

  • Melacak penyebab merasakan stres atau cemas

  • Mengetahui pemicu dan kapan waktu muncul perasaan negatif

 
Cara melakukan journaling
 
  • Sadari dulu bahwa kamu membutuhkannya

  • Komitmen untuk menyisihkan waktu 10 menit setiap hari

  • Buat lebih mudah dengan meletakkan buku jurnal di tempat yang mudah dijangkau

  • Bebaskan dirimu dalam menulisnya

 
3. Mengakui perasaan

Seringkali kesehatan mental kita terganggu karena kita sering denial dengan keadaan dan juga perasaan.

Padahal, kita sangat perlu untuk mengakui emosi apapun yang kita rasakan. Bahwa semua perasaan yang muncul adalah valid.

Kamu bisa mulai belajar mengakuinya, dengan begitu kamu bisa lebih menghargai dan juga menerima diri sendiri apa adanya. 

4. Menjalin hubungan baik

Bersosialisasi menjadi salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi, jika tidak sulit untuk seseorang merasakan bahagia.

Namun, kamu tidak perlu menjalin hubungan dengan ribuan orang, cukup beberapa orang saja yang ada di sekitarmu. Dengan menjalin hubungan baik, kamu akan mendapatkan support system yang bisa menemanimu saat kamu jatuh dan butuh bantuan. 

5. Terus belajar

Manusia itu cukup kompleks! Jadi memang tidak mudah untuk memahaminya. Emosi, perasaan, dan perilaku kita terus bertumbuh dan berubah.

Maka dari itu kita perlu terus belajar dalam memetakan masalah dan solusi yang kita hadapi sehari-hari. Gunakan tools-tools atau metode-metode yang diberikan oleh buku, video dan jurnal di luar sana. 

Kamu juga harus menjalin hubungan yang baik dengan diri sendiri, agar kamu bisa menikmati proses dalam mengenal diri lebih jauh. Belajar dari pengalaman orang lain juga bisa sangat membantumu untuk mengembangkan diri!

6. Delegasi dan Say No

Saat kamu merasa bahwa tidak sanggup untuk melakukan sesuatu, kamu butuh percaya bahwa ada orang lain yang bisa melakukannya.

Belajar untuk meminta bantuan kepada orang lain, karena tidak semua hal harus kamu lakukan sendiri. 

Kamu pun harus berani mengatakan tidak! Kepada hal yang yang sekiranya akan membuat kamu stres dan tertekan. Dengan penolakan yang baik dan sopan, orang lain akan mengerti kondisi dan memahami kamu.

7. Lakukan hal baru

Last but not least, melakukan sesuatu yang baru memang dipercaya bisa membuat hidup kamu lebih bersemangat.

Cari hal-hal positif yang bisa kamu lakukan, dan tekuni. 

Misal kamu memiliki hobi seperti berolahraga, berkebun, menggambar, menulis, menari atau apapun hal baru yang bisa membuatmu semangat menjalani hari!

Posting Komentar