LENGKAP! Jalannya Pertandingan Australia vs Indonesia, Kalah 0-4 Coy!! - Mytips.id

LENGKAP! Jalannya Pertandingan Australia vs Indonesia, Kalah 0-4 Coy!!


Mytips.id - Timnas Indonesia kembali menderita kekalahan dari Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 yang berlangsung pada Minggu (28/1/2024) malam. 

Pertandingan seru antara Timnas Indonesia melawan Australia digelar di Stadion Jassim bin Ahmad, Al Rayyan, Qatar. Sayangnya, skor saat ini menunjukkan bahwa Australia unggul dengan skor 0-4 atas Garuda.

Gol pertama yang terjadi dalam pertandingan ini adalah gol bunuh diri oleh pemain Timnas Indonesia, Elkan Baggott, pada menit ke-11. 

Berawal dari umpan silang Jackson Irvine ke kotak penalti, bola tidak beruntung mengenai kaki Elkan dan berbelok arah, tidak bisa ditebak oleh Ernando Ari sehingga bola masuk ke dalam gawang Indonesia. Gol kedua Australia dicetak oleh Martine Boyle pada menit ke-45. 

Gethin Jones memberikan umpan silang yang berhasil sundul oleh Boyle ke dalam gawang Ernando. Di akhir babak kedua, Australia berhasil menambah dua gol lagi melalui sepakan Craig Goodwin dan Harry Souttar.

Selama pertandingan berlangsung, Timnas Indonesia tetap memberikan perlawanan yang tangguh meskipun peringkat mereka jauh di bawah Australia. Meski begitu, beberapa serangan dari Timnas Indonesia di lini depan belum berhasil dimanfaatkan menjadi gol.

Elkan Baggott berusaha untuk menghadang bola, namun malah tidak sengaja bola mengenai kakinya dan berbelok arah. Ernando Ari terlambat bereaksi sehingga bola masuk ke dalam gawang. Setelah kebobolan, Timnas Indonesia meningkatkan serangan mereka. 

Kerjasama yang ditunjukkan oleh anak-anak asuhan Shin Tae-yong cukup merepotkan barisan pertahanan Australia. Pada menit ke-20, Timnas Indonesia mendapatkan tendangan bebas di dekat kotak penalti lawan, sayangnya masih belum berhasil mencetak gol. Tiga menit setelah itu, Justin Hubner melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. 

Kiper Australia masih mampu mengantisipasi bola dengan baik. Timnas Indonesia masih mengontrol permainan dan memiliki beberapa peluang lagi pada menit ke-38. Marselino Ferdinan memberikan umpan silang kepada Yakob Sayuri di tiang jauh, namun sepakannya masih melebar dari sasaran. 

Kemudian pada menit ke-42, Asnawi dan Rafael Struick melakukan kerjasama yang baik dan memberikan peluang kepada Marselino, tetapi tendangan Marselino masih melambung di atas mistar. Sama saat keasyikan menyerang, Timnas Indonesia justru kebobolan di akhir babak pertama.

Gethin Jones memberikan umpan silang yang berhasil disundul oleh Martine Boyle. Ernando terpaksa mengambil bola lagi dari gawangnya. Gol Australia ini sekaligus menutup babak pertama dengan skor 0-2 untuk keunggulan The Socceroos melawan Timnas Indonesia.

Head to Head

Ketika melihat catatan head to head, Timnas Indonesia sebelumnya hanya berhasil menang satu kali melawan Australia, tiga kali bermain imbang, dan kalah 14 kali. 

Susunan Permainan

Dalam pertandingan ini, Timnas Indonesia menurunkan susunan pemain 3-4-3 dengan Ernando Ari sebagai kiper, Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Elkan Baggott sebagai bek, Asnawi Mangkualam, Ivar Jenner, Justin Hubner, dan Shayne Pattynama di lini tengah, serta Yakob Sayuri, Rafael Struick, dan Marselino Ferdinan sebagai penyerang.

Pelatih Timnas Indonesia dalam pertandingan ini adalah Shin Tae-yong. Sementara itu, Australia menggunakan susunan pemain 4-3-3 dengan Mathew Ryan sebagai kiper, Gethin Jones, Harry Souttar, Kye Rowles, dan Aziz Behich sebagai bek, Riley McGree, Keanu Baccus, dan Jackson Irvine di lini tengah, serta Martine Boyle, Bruno Fornaroli, dan Jordan Bos sebagai penyerang. Pelatih Australia dalam pertandingan ini adalah Graham Arnold.

Meskipun hasil pertandingan ini tidak sesuai dengan harapan, para pemain Timnas Indonesia telah berjuang keras dan bermain tanpa rasa minder. 

Mereka mampu mengimbangi permainan Australia meskipun peringkat Garuda jauh di bawah lawan. Walaupun begitu, masih ada beberapa serangan di lini depan yang belum bisa dimanfaatkan menjadi gol.

Dengan hasil ini, Australia berhasil melaju ke babak selanjutnya, sementara Timnas Indonesia mengakhiri perjalanan mereka di Piala Asia 2023. Semoga kedepannya, Timnas Indonesia dapat terus mengembangkan permainan mereka dan meraih kesuksesan di kompetisi internasional.

Posting Komentar