Cara Membuat Google Form dengan Mudah, 3 Menit Langsung Jadi - Mytips.id

Cara Membuat Google Form dengan Mudah, 3 Menit Langsung Jadi


Mytips.id - Butuh form untuk keperluan pendaftaran? Coba saja pakai Google Form. Jika masih belum caranya, simak langkah-langkah cara membuat Google form dari Mytips.id kali ini.

Salah satu kelebihan dari Google Form adalah sangat mudah diakses. Selain itu, penyimpanan datanya juga bersifat real time dan auto save. Jadi tidak perlu takut form akan hilang.

Oiya, sebelum membuat Google Form, pastikan kamu sudah memiliki akun Google yang aktif. Tanpa berlama-lama lagi, berikut langkah-langkah cara membuat Google Form.

Cara Membuat Google Form dengan Mudah, 3 Menit Langsung Jadi

  • Masuk ke Akun Google.
  • Klik Titik Sembilan, ada di kanan atas.
  • Scroll ke bawah lalu pilih Forms.
  • Klik Kertas Kosong dengan Tanda +.
  • Setelah itu, Form Baru akan muncul.
  • Tambahkan Judul dan Deskripsi Formulir.
  • Buat form sesuai kebutuhan.
  • Jika sudah selesai, klik Send.
  • Akan muncul pilihan kirim via email atau salin tautan.
  • Selesai, Google Form siap dibagikan.
Cara tersebut bisa dipakai baik lewat PC, laptop, atau HP. Jika dengan tampilan HP sedikit agak susah, kamu bisa merubah tampilan browser HP menjadi versi desktop agar lebih mudah.

Sedikit catatan tambahan, ada beberapa jenis kolom di Google Form. Dari mulai kolom pertanyaan dengan jawaban singkat, hingga multiple choice, dan checkboxes.

Kamu bisa bebas memanfaatkan fitur-fitur dari Google Form tersebut secara cuma-cuma alias gratis. Cara untuk menambah fitur-fitur itu sendiri bisa dikatakan sangat mudah.

Kamu hanya tinggal klik tanda + yang ada di sebelah kanan form. Setelah itu, kamu bebas membuat form yang dibutuhkan. Apakah pertanyaan, multiple choice, atau checkboxes.

Tidak hanya tersedia cukup banyak kolom dengan jenis yang berbeda-beda. Di Google Form, kamu juga merubah atau melakukan kustomisasi tema form sesuai dengan keinginan.

Meskipun fitur kustomisasi tema form masih cukup terbatas. Mengingat, kamu hanya bisa mengubah warna form, font, dan gambar header form. Selain itu masih belum bisa.

Demikian kira-kira cara membuat Google Form. Sangat mudah dan praktis bukan? Kamu tidak perlu membuat formulir secara konvensional yang cukup menguras tenaga juga kantong.

Akhir kata, jangan lupa share artikel ini jika menurut kamu bermanfaat. Satu lagi, aktifkan juga lonceng notifikasi agar kamu tidak ketinggalan artikel bermanfaat dari Mytips.id. 

Posting Komentar