Sering Dilakukan, Kebiasan Sepele Ini Bisa Merusak Otakmu (Part 1) - Mytips.id

Sering Dilakukan, Kebiasan Sepele Ini Bisa Merusak Otakmu (Part 1)

 

Mytips.id - Otak merupakan aset penting pada tubuh yang harus kita jaga. Otak mengontrol dan mengatur segala hal yang kita lalukan.

Sayangnya banyak dari kita yang tidak mampu menjaga kesehatan otak dan melakukan kebiasan-kebiasan kecil yang justru bisa merusak otak.

Mytips.id kali ini akan membahas beberapa kebiasaan sepele yang bisa merusak otak.

1. Kurang Tidur

Tidak memiliki waktu cukup untuk tidur adalah satu di antara kebiasaan sepele yang bisa merusak otakmu.

Ketika kamu kurang tidur, otakmu tidak memiliki kesempatan untuk beristirahat dan memulihkan sel pada hari itu.

Hal ini dapat menyebabkan masalah serius seperti penurunan kognitif, kehilangan ingatan, dan perubahan suasana hati. 

Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko demensia.

Jika kamu ingin menjaga kesehatan otakmu, pastikan secara konsisten, kamu tidur setidaknya delapan jam setiap malam. 

 2. Merokok

Merokok adalah kebiasan buruk yang bisa merusak kesehatan tubuh secara keseluruhan, tak terkecuali otak yang merupakan organ vital.

Merokok merusak pembuluh darah dan menyebabkan peradangan kronis, yang dapat menyebabkan stroke dan penurunan kognitif. 

Orang yang merokok juga dua kali lebih mungkin mengalami demensia.

3. Banyak Menghabiskan Waktu Untuk Menyendiri

Kebanyakan orang mendambakan waktu untuk menyendiri atau Me Time setiap saat. Namun, bersosial justru penting untuk kesehatan otak.

Menghabiskan terlalu banyak waktu sendirian bisa sama buruknya dengan kurang tidur bagi otak.Saat kamu terus-menerus berada di sekitar orang lain, otakmu mendapat rangsangan dari interaksi sosial. 

Tetapi ketika kamu sendirian sepanjang waktu, otakmu tidak mendapatkan rangsangan yang sama. Hal ini dapat menyebabkan depresi, kecemasan, dan bahkan demensia. 

Jika kamu ingin menjaga kesehatan otak, pastikan kamu menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga secara teratur.

4. Mager atau Kurang Bergerak

Kebiasaan sepele lain yang dapat merusak otakmu adalah kurang bergerak atau mager. 

Jika kamu memiliki gaya hidup yang tidak banyak bergerak, inilah saatnya untuk melakukan perubahan. 

Menjadi terlalu diam  atau mager dapat menyebabkan segala macam masalah kesehatan, termasuk obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. 

Dan semua masalah kesehatan ini dapat merusak otakmu dan meningkatkan risiko terkena demensia. Jika kamu ingin menjaga kesehatan otak, pastikan kamu berolahraga secara teratur.

Bahkan hanya berjalan selama setengah jam tiga kali seminggu sudah cukup untuk kesehatan otakmu.

5. Makan Berlebihan

Makan berlebihan adalah kebiasaan lain yang dapat merusak otakmu, bahkan jika kamu makan dengan makanan sehat sekalipun.

Makan berlebihan telah dikaitkan dengan masalah seperti kehilangan ingatan dan penurunan kognitif pada orang dewasa yang lebih tua. 

Namun, hubungan pasti antara makan berlebihan dan penurunan mental masih diteliti untuk dipelajari lebih lanjut. 

Jika kamu ingin menjaga kesehatan otakmu, pastikan kamu makan makanan yang sehat dan mengontrol jumlah makanan agar tidak berlebihan.

6. Terlalu Banyak Makan Junk Food

Sama halnya seperti makan berlebihan, makan terlalu banyak junk food juga sama buruknya bisa merusak kesehatan otakmu. Makanan junk food buruk bagi kesehatan tubuhmu, tak terkecuali kesehatan otakmu.

Percaya atau tidak, orang yang mengonsumsi kentang goreng, keripik kentang, hamburger, dan minuman ringan dalam jumlah yang lebih tinggi memiliki bagian otak yang lebih kecil yang terkait dengan pembelajaran, memori, dan kesehatan mental. 

Junk food juga sarat dengan gula dan kalori, yang dapat menyebabkan obesitas dan diabetes. Dan seperti yang sudah dibahas sebelumnya, masalah kesehatan ini juga dapat merusak otakmu. 

Jika kamu ingin menjaga kesehatan otakmu, pastikan kamu mengonsumsi makanan sehat dengan membatasi konsumsi makanan junk food.

7. Mendengarkan Musik Melalui Headset Dengan Volume Maksimal

Mendengarkan musik adalah cara yang bagus untuk bersantai dan menghilangkan stres. Namun, jika kamu mendengarkannya melalui headphone dengan volume maksimal, ini dapat merusak pendengaranmu.

Bahkan hanya dengan durasi 30 menit, kebiasaan sepele ini dapat menyebabkan kerusakan pendengaran. 

Sementara gangguan pendengaran adalah masalah tersendiri, orang dengan gangguan pendengaran juga lebih mungkin menderita penyakit Alzheimer. 

Beberapa peneliti mengatakan bahwa hal ini terjadi karena otak bekerja terlalu keras untuk mendengar sehingga tidak dapat juga menyimpan ingatan tentang apa yang sedang didengar. 

Oleh karena itu, jika kamu ingin menjaga kesehatan otakmu, pastikan kamu mendengarkan musik dengan volume yang aman.

8. Menghabiskan Terlalu Banyak Waktu dalam Kegelapan atau Tidak Terpapar Cahaya Matahari

Jika kamu menghabiskan terlalu banyak waktu dalam kegelapan, otakmu tidak mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. 

Hal ini dapat menyebabkan masalah seperti gangguan afektif musiman dan depresi. 

Jika kamu ingin menjaga kesehatan otak, pastikan kamu mendapat banyak sinar matahari setiap hari. Buka tirai jendelamu sesekali, dan pastikan untuk keluar dari rumah dari waktu ke waktu.

9. Berpikir Negatif

Berpikir negatif adalah kebiasaan yang dapat merusak otakmu. Ketika kamu terus-menerus stres dan cemas, hal itu berdampak buruk pada kesehatan mentalmu.Hal ini dapat menyebabkan masalah seperti depresi, kecemasan, dan bahkan demensia. 

Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang berkutat pada hal-hal negatif memiliki lebih banyak deposit amiloid di otak mereka. Endapan ini merupakan indikator utama penyakit Alzheimer. 

Untungnya, ini adalah kebiasaan yang relatif mudah untuk diubah. Jika kamu ingin menjaga kesehatan otakmu, pastikan kamu memikirkan hal-hal positif. 

Dalam beberapa kasus, menemui penyedia kesehatan mental mungkin bermanfaat jika kamu tidak dapat mengubah proses berpikirmu sendiri.

10. Mengabaikan Masalah Kesehatan 

Jika kamu memiliki masalah kesehatan, penting untuk menemui dokter dan mendapatkan perawatan.

Mengabaikan masalah kesehatan dapat menyebabkan masalah serius di kemudian hari, termasuk kerusakan otak. 

Misalnya, orang yang memiliki hipertensi yang tidak diobati lebih mungkin mengembangkan demensia.

Depresi dan diabetes yang tidak diobati juga bisa berbahaya bagi otakmu. Jika kamu ingin menjaga kesehatan otakmu, pastikan kamu mengunjungi dokter untuk semua masalah kesehatan.

Itulah kebiasan-kebiasan sepele yang bisa merusak otakmu. Semoga bermanfaat.***


Posting Komentar