Kemendikbud Keluarkan Aturan Seragam SMP Terbaru - Mytips.id

Kemendikbud Keluarkan Aturan Seragam SMP Terbaru



Mytips.id - Belum lama ini, Kemendikbud telah mengeluarkan aturan seragam SMP, dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, identitas sekolah yang jelas, serta memberikan kesetaraan dan kenyamanan bagi para siswa.

Kemendikbud menetapkan standar yang jelas mengenai seragam SMP, termasuk model, warna, dan aksesoris yang diperbolehkan. Menurut peraturan baru ini, model seragam SMP harus konsisten. Antara siswa laki-laki dan perempuan tidak boleh berbeda secara signifikan.

Hal ini bertujuan untuk menghapuskan perbedaan gender dalam hal pakaian sekolah, serta menciptakan lingkungan yang inklusif. Model seragam yang ditetapkan harus praktis, nyaman, dan memenuhi pertimbangan kesehatan, dan keamanan siswa.

Aturan Seragam SMP Tahun Ajaran 2023/2024

Peraturan baru mengenai seragam SMP mencakup hal-hal berikut.

1. Pakaian Nasional

Peserta didik tingkat SMP memiliki pakaian nasional kemeja putih dan celana atau rok biru dongker, seragam ini dipakai ketika melaksanakan upacara ketika hari Senin.

Biasanya penggunaan seragam nasional khas SMP dibarengi pemakaian atribut berupa dasi dan juga topi pet dengan warna biru dongker.

2. Pakaian Pramuka

Tidak ada hari khusus untuk menggunakan pakaian pramuka, seragam ini bisa dipakai hari apa saja sesuai dengan kebijakan sekolah masing-masing. 

Namun untuk pakaiannya harus sesuai dengan arahan dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Selain digunakan di hari tertentu, seragam ini biasa dipakai ketika dilaksanakan kemah.

3. Pakaian Khas Sekolah

Pakai khas adalah seragam khusus yang ditentukan oleh pihak sekolah, pemerintah tidak memberikan aturan khusus baik dalam segi warna, desain hingga logo.

Penggunaan pakaian khas juga ditentukan langsung oleh pihak sekolah terkait.

4. Pakaian Adat

Indonesia merupakan negara dengan berbagai macam kebudayaan, pakaian adat setiap tempat pun berbeda maka dari itu seragam ini ditentukan langsung oleh pemerintah daerah setempat.

Biasanya pakaian adat digunakan ketika ada kegiatan atau agenda tertentu.

Aturan seragam SMP ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar inklusif dan menghilangkan perbedaan yang tidak perlu dalam hal penampilan. Perubahan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat positif bagi proses pendidikan dan meningkatkan kesetaraan di antara siswa.

Posting Komentar