Aturan Seragam SMA dari Kemendikbud untuk Indonesia yang Lebih Baik - Mytips.id

Aturan Seragam SMA dari Kemendikbud untuk Indonesia yang Lebih Baik



Mytips.id - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) telah mengeluarkan aturan seragam SMA baru. Peraturan terbaru ini mencakup beberapa aspek penting yang harus dipatuhi oleh semua lembaga pendidikan.

Salah satunya adalah seragam dikenakan harus resmi yang telah ditetapkan oleh sekolah dan disahkan oleh Kemendikbud. Hal ini dilakukan untuk memastikan keselarasan, serta konsistensi dalam penampilan siswa di sekolah.

Selain itu, peraturan ini memuat ketentuan mengenai bahan, desain, dan warna yang boleh digunakan. Kemendikbud juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan dan kerapihan seragam sekolah.

Aturan tentang pemakaian aksesori atau tambahan pada seragam juga diatur secara tegas sehingga siswa tidak terlalu berlebihan dalam memodifikasi seragam.

Aturan Seragam SMA Terbaru

Berikut ini aturan seragam sekolah untuk jenjang SMA yang ditetapkan oleh Kemendikbud.

1. Seragam Nasional

Peserta didik tingkat SMA diharuskan menggunakan seragam nasional dengan kemeja putih dipadu rok atau celana abu-abu lengkap dengan atribut topi dan dasi warna senada.

Seragam nasional ini digunakan ketika upacara sekolah di hari Senin. Namun dapat juga digunakan di hari lain tergantung kebijakan sekolah.

2. Seragam Pramuka

Sejak duduk dibangku SD hingga SMP peserta didik sudah diperkenalkan seragam pramuka, hal ini juga berlaku pada tahapan selanjutnya SMA.

Penggunaan seragam pramuka harus sesuai dengan arahan dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, untuk hari pemakaiannya diserahkan langsung kepada pihak sekolah.

3. Seragam Khas

Seragam khas merupakan pakaian yang dibuat khusus oleh pihak sekolah mulai dari bahan, desain hingga logo. Ini akan menjadi identitas dimana peserta didik menurut ilmu.

Hari penggunaan seragam khas juga ditentukan langsung oleh pihak sekolah terkait.

4. Pakaian Adat

Jika sebelumnya ada pemerataan warna seragam pendidikan wajib 12 tahun, pakaian adat ditentukan sendiri oleh pemerintah daerah, Indonesia terkenal dengan keragaman budayanya.

Biasanya pakaian adat digunakan ketika hari-hari tertentu seperti ada kegiatan daerah.

Aturan seragam SMA yang dikeluarkan oleh Kemendikbud bertujuan menciptakan lingkungan belajar yang lebih profesional, inklusif, serta menghormati identitas siswa. Melalui pembaruan ini, pemerintah mengharapkan terciptanya kesetaraan sesuai dengan budaya, agama, dan kebutuhan individu.

Posting Komentar