5 Bahaya Threads, Aplikasi Pesaing Twitter Besutan META - Mytips.id

5 Bahaya Threads, Aplikasi Pesaing Twitter Besutan META



Mytips.id - Belum lama ini, warganet dihebohkan dengan aplikasi Threads. Media sosial besutan META tersebut sudah rilis dan dapat diunggah melalui App Store atau Google Play Store sejak Kamis, 06 Juli 2023.

Tidak sedikit publik figur dan para selebgram turut meramaikan tren terbaru ini. Namun, dibalik euforia tersebut, Threads membuat pengguna aware dengan akses informasi yang diminta. Selain itu, Threads memiliki sisi negatif yang harus kamu waspadai.

Bahaya Thread yang Perlu Diwaspadai Pengguna

Berikut ini bahaya dan sisi negatif menggunakan Threads. Kamu perlu berhati-hati sebelum mengunggah dan membuat akun.

1. Akun Tidak Dapat Dihapus

Apabila menghapus akun Thread, maka akun Instagram otomatis juga terhapus. Threads terhubung langsung dengan Instagram sebagai bagian dari META. Tidak sedikit warganet yang mencela dan meninggalkan komentar sarkastik terkait kekurangan ini.

2. Masalah Data Pribadi Pengguna

Menurut review dari Google Play Store dan App Store, aplikasi ini meminta akses yang terlalu pribadi. Berikut ini poin-poin data pengguna yang diminta oleh Thread:

  • Kesehatan dan Kebugaran
  • Pembelian
  • Keuangan
  • Kontak alamat domisili, email, nama, dan nomor telepon
  • User ID dan Device ID
  • Daftar kontak yang dimiliki
  • Konten yang dimiliki, berupa foto, video, atau game
  • Riwayat pencarian
  • Diagnostik dan informasi sensitif lainnya

Masalah privasi data tersebut menjadi alasan utama Threads belum dirilis di Uni Eropa. Apabila belum diperbaiki, aplikasi ini tidak akan beroperasi di UE.

3. Bahaya Pencurian Data

Penambangan data yang dilakukan oleh META melalui aplikasi Threads mungkin digunakan untuk kebutuhan bisnis atau iklan. Namun, hal ini berpotensi terjadinya kebocoran data yang membahayakan pengguna.

4. Bahaya Akses Lokasi Pengguna

Fitur ini memungkinkan para pengguna untuk membagikan lokasi secara real-time. Kamu bisa mencari teman terdekat yang sama-sama menggunakan Threads.

Namun, fitur ini bisa menimbulkan masalah yang perlu diperhatikan. Pastikan hanya mengaktifkan izin lokasi pada keluarga terdekat atau teman yang dapat dipercaya.

5. Bahaya Akses Device ID

Akses device ID memudahkan pihak pengembang aplikasi untuk melihat tentang kohort pengguna, seperti membuka tayangan iklan atau aktivitas instalasi.

Sembarangan memberikan akses device ID dapat membahayakan pengguna. Apalagi ketika berada di tangan pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini karena gambaran perilaku pengguna dapat dilihat dengan jelas.

Mengenai bahaya Threads dikembalikan kepada para pengguna. Apabila sanksi dengan data yang diminta, sebaiknya hindari mengikuti tren mengunduh aplikasi ini.

Posting Komentar