Penyebab Sering Kram saat Tidur, Awas Jangan Disepelekan! - Mytips.id

Penyebab Sering Kram saat Tidur, Awas Jangan Disepelekan!


Mytips.id - Kram memang menjadi salah satu hal yang tidak mengenakan, karena serangan yang terjadi secara tiba-tiba. 

Kontraksi otot yang membuat tubuh tertentu menegang dan terasa sangat sakit. Hal ini biasa terjadi saat tidur, dan berlangsung beberapa detik bahkan menit. 

Kram biasanya terjadi di otot betis, maupun bagian kaki lainnya. Ada beberapa penyebab sering kram saat tidur dan solusi mengatasinya.

Penyebab Terjadinya Kram

1. Dehidrasi 

Salah satu hal yang menyebabkan kram terjadi adalah dehidrasi. Tubuh kita mengandung 80% air, dan jika kita kekurangan air, fungsi tubuh akan terganggu. 

Beberapa penelitian mengatakan, dehidrasi membuat ketidakseimbangan elektrolit di dalam darah yang mengakibatkan terjadinya kram. 

Jadi pastikan selalu mencukupi kebutuhan air setiap harinya, ya! Agar bisa terhindar dari segala macam jenis kram.

2. Berolahraga atau bergerak terlalu banyak 

Olahraga memang menjadi salah satu hal yang wajib kamu lakukan untuk menjaga imun dan juga kesehatan, namun tetap diperhatikan frekuensinya. 

Lakukan olahraga secukupnya dan juga jangan lupakan warm up dan juga cooling down, agar otot dan heart rate juga kembali ke state awal. 

Bergerak terlalu banyak juga bisa menjadi penyebab sering kram saat tidur. Misal kamu seharian berjalan-jalan ke tempat wisata atau mall, dan kemudian sesampai di rumah kamu tidak merenggangkan kaki terlebih dahulu. 

Jadi sebisa mungkin setelah bergerak terlalu banyak, istirahatkan kaki dengan benar.

3. Salah Posisi Tidur 

Salah posisi memang menjadi penyebab sering terjadinya kram. Biasanya kram betis terjadi saat kamu tidur telungkup, sedikit saja atau ada gerakan kecil yang dilakukan oleh kakimu bisa menarik otot betis menjadi kram. 

Kram memang perlu dihindari dengan tidak melakukan posisi-posisi yang salah. Namun jika terjadi, berikut solusinya. 

Solusi Jika Kram Saat Tidur 

Sebenarnya kram tidak hanya terjadi saat tidur, jadi kamu bisa melakukan solusi ini saat kram terjadi kapanpun.

1. Jangan panik, saat panik kamu akan kebingungan dan ketakutan. Hal tersebut tidak akan membantu otot kembali rileks. Saat kram terjadi coba atur nafas, dan jangan panik agar bisa melakukan tahap selanjutnya.

2. Renggangkan kaki dan ubah posisi sedikit dari tempat awal kamu, misal sedang berbaring, kamu duduk dan luruskan kaki, atau cari posisi yang nyaman yang tidak menimbulkan sakit yang semakin parah.

3. Diam terlebih dahulu, jangan lakukan gerakan lain. Saat sudah mendapatkan posisi yang nyaman. Tahan rasa sakitnya, dan jangan terlalu banyak bergerak. Rilekskan tubuh dan tunggu hingga kram mereda.

4. Kompres air hangat, jika ada orang di sekitarmu kamu juga bisa meminta untuk membuatkan air panas dan mengompres kakimu.

5. Biasanya kram terjadi sekian menit hingga benar-benar otot kembali rileks. Dan selalu ingat penyebabnya kenapa kram terjadi. Apakah karena berjalan terlalu banyak, posisi, dehidrasi dan lain. Hal tersebut bisa untuk mencegah kram terjadi lagi. 

Itulah beberapa penyebab terjadi kram sata tidur.

Posting Komentar