Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan, Bisa Lewat WA dan SMS - Mytips.id

Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan, Bisa Lewat WA dan SMS


Mytips.id - Ada setidaknya 3 cara untuk mengaktifkan BPJS kesehatan. Salah satu cara mengaktifkan BPJS kesehatan yang cukup mudah dan simpel adalah lewat WA (fitur Pandawa) atau SMS (fitur NOKA). 

Di era yang serba digital, semua hampir semakin mudah. Tanpa berlama-lama lagi, berikut cara mengaktifkan BPJS kesehatan baik itu lewat aplikasi JKN mobile, WA (Pandawa), dan SMS (NOKA).

Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi Mobile JKN

1. Download aplikasi mobile JKN

2. Login

3. Pilih Segmen Peserta

4. Ikuti petunjuk yang ada sampai selesai

Pastikan sudah terdapat keterangan bahwa BPJS kesehatan sudah aktif kembali. Jika cara mengaktifkan BPJS kesehatan lewat aplikasi mobile JKN ini cukup sulit, coba saja datang ke kantor BPJS terdekat.

Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan Lewat Pandawa

1. Simpan nomor Pandawa 08118165165

2. Kirim chat ke nomor admin Pandawa

3. Pilih Segmen Peserta

4. Pilih Domisili

5. Pilih Cabang

6. Isi Formulir

7. Kirim formulir.

Setelah formulir terkirim, langkah yang dilakukan selanjutnya adalah tinggal menunggu balasan dari BPJS. Jika tidak ada masalah, maka BPJS kesehatan bisa aktif kembali. Namun, bisa juga sebaliknya.

Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan Lewat SMS

Ada dua cara mengaktifkan BPJS kesehatan lewat SMS. Cara yang pertama adalah dengan mengirim SMS ke nomor 087775500400 dengan format NIK spasi NIK. Seperti misalnya NIK 1234567890.

Sedangkan cara yang kedua adalah dengan mengirim SMS ke nomor 087775500400 dengan format NOKA spasi NIK. Seperti misalnya NOKA 1234567890. Perbedaannya hanya pada NIK dan NOKA.

Demikian kira-kira cara mengaktifkan BPJS kesehatan. Salah satu yang kemungkinan berhasilnya besar adalah dengan mendatangi langsung kantor BPJS terdekat. Bukan melalui WA, SMS, atau JKN mobile. 

Mengingat, jika terdapat kendala, akan bisa ditangani langsung oleh pihak BPJS. Lain halnya jika lewat WA, SMS, atau JKN mobile, jika gagal biasanya justru diminta menunggu atau datang ke kantor terdekat.

Akhir kata, terima kasih sudah berkunjung ke MyTIps.id. Jangan lupa, share artikel ini cara mengaktifkan BPJS kesehatan ke sesama teman yang membutuhkan. Aktifkan juga lonceng notifikasi dari MyTips.id.

Posting Komentar