Perbandingan Revvo 89 vs Pertalite, Bagus Mana? - Mytips.id

Perbandingan Revvo 89 vs Pertalite, Bagus Mana?


Mytips.id - Sejak kenaikan harga BBM diumumkan pemerintah, Revvo 89 milik SPBU ViVO ramai diburu karena harganya murah. Namun, bagaimana dengan kualitasnya? Kira-kira, revo 89 dan pertalite bagus mana?

Apakah meski harganya murah kualitas revvo 89 lebih baik dari pertalite? Jawabannya, tentu saja tidak. Selengkapnya, simak penjelasan MyTips.id kenapa pertalite lebih bagus ketimbag revvo 89 berikut ini. 

RON (Research Octane Number)

Salah satu indikator untuk menilai BBM yang bagus adalah dengan RON atau Research Octane Number. RON menjadi indikator atau patokan kualitas hampir semua BBM berdasarkan nilai atau tingkat oktan.

Pertamax dan pertamax turbo disebut sebagai salah satu BBM yang bagus karena memiliki tingkat oktan yang tinggi. Seperti diketahui, tingkat oktan pertamax adalah 92. Sedangkan pertamax turbo adalah 98.

Semakin tinggi RON, maka semakin bagus kualitas BBM tersebut. Oleh karena itu, untuk menilai mana yang lebih bagus, revo 89 ViVO atau pertalite milik pertamina, harus diketahui RON masing-masing BBM.

RON Revvo 89 vs RON Pertalite

Sesuai dengan namanya, revvo 89 memiliki RON 89. Sedangkan pertalite mencapai 90. Artinya, kualitas pertalite sedikit lebih bagus ketimbang revvo 89. Oleh karena itu, wajar jika harga revvo 89 lebih murah.

Saat pemerintah secara resmi menaikkan harga pertalite menjadi Rp 10.000 per liter di SPBU milik Pertamina yang sebelumnya Rp 7.650 per liter, harga revvo 89 Rp 8.900 per liter di SPBU milik ViVO. 

Salah satu resiko memakai BBM dengan tingkat oktan atau RON rendah adalah mesin akan lebih mudah kotor. Selain itu, dampak lain dari pemakaian BBM RON rendah adalah asap yang juga lebih kotor.

Lain halnya jika memakai BBM dengan tingkat oktan atau RON tinggi seperti pertamax atau pertamax turbo. Mesin atau ruang pembakaran jadi tidak terlalu kotor. Begitu juga dengan asap yang dikeluarkan.

Hanya saja, ada hal yang perlu diperhatikan dalam pemakaian BBM. BBM RON tinggi baik dipakai untuk mesin rasio kompresi tinggi. Sementara BBM dengan RON rendah baik untuk mesin kompresi rendah.

Demikian kira-kira penjelasan terkait revo 89 dan pertalite bagus mana. Dari angka RON atau tingkat oktan jelas terlihat bahwa kualitas pertalite milik pertamina lebih bagus ketimbang revvo 89 milik ViVO. 

Posting Komentar