Cara Screenshot Laptop, Lengkap di MacBook dan Windows - Mytips.id

Cara Screenshot Laptop, Lengkap di MacBook dan Windows

 


Mytips.id - Cara screenshot laptop mungkin bukan lagi hal baru, namun masih ada orang yang tidak tahu atau lupa cara melakukan tangkapan layar pada laptop. 

Screenshot biasanya digunakan untuk mengabadikan foto saat melakukan acara zoom atau sekedar mengambil gambar layar untuk keperluan lain. 

Kali ini MyTips akan memberikan beberapa cara yang paling sering digunakan pada laptop Windows dan Mac Os.

Berikut Cara Mudah Screenshot Laptop 

Metode-metode yang digunakan setiap orang mungkin berbeda-beda. Namun kami memilih yang paling mudah yang bisa kamu lakukan, agar proses menangkap layar lebih praktis!

Cara Screenshot pada laptop Macbook

1. Command + Shift + 3 

Cara ini mudah dilakukan untuk kamu yang ingin menangkap layar secara penuh. Semua yang terdapat pada layar bisa ditangkap secara keseluruhan.

Dengan menekan Command + Shift + dan angka 3, kemudian akan ada suara jepretan. Kamu bisa ke Finder dan Recent untuk melihat hasil screenshot.

2. Command + Shift + 4 

Cara kedua ini sangat membantu, karena kamu bisa memilih bagian mana yang akan dilakukan screenshot.

Kamu bisa klik Command + Shift + angka 4 kemudian akan muncul pointer yang bisa kamu arahkan menggunakan trackpad.

Dengan cara ini tidak semua bagian layar tertangkap dan hasil screenshot terlihat lebih baik. Cara ini juga praktis tanpa perlu tambahan aplikasi, kan!

Cara Screenshot pada Windows 

1. Print Screen (PrtSc) 

Salah satu yang sering digunakan untuk menangkap layar secara keseluruhan di laptop Windows adalah dengan menggunakan tombol PrtSc yang terdapat pada baris bagian atas di dekat tombol F.

Dengan menekan satu tombol ini otomatis laptop akan menangkap layar secara penuh. Namun kamu harus ke Microsoft Word atau Paint untuk menyimpannya hasilnya.

2. Key + Shift + S 

Bagi kamu yang tidak ingin menangkap layar secara keseluruhan, cara screenshot laptop windows kali ini, bisa memilih bagian mana yang kamu inginkan.

Caranya dengan menekan Key atau icon Windows + Shift + S, setelah itu akan muncul kursor dan kamu bisa arahkan kemana tangkapan gambar yang dibutuhkan dengan menggunakan bantuan mouse. 

Nah, itu dia beberapa cara yang paling sederhana, praktis dan sering digunakan banyak orang untuk melakukan tangkapan layar tanpa perlu mendownload sebuah aplikasi! 


Posting Komentar