Fakta Tentang Monkeypox, Apa yang Harus Kita Waspadai? - Mytips.id

Fakta Tentang Monkeypox, Apa yang Harus Kita Waspadai?


Mytips.id
- Baru-baru ini banyak berita bersebaran di jagad maya tentang penyakit cacar monyet atau monkeypox.

Apakah kamu tahu apa saja fakta tentang monkeypox ini? Kira-kira, apa yang harus kita waspadai.

Monkeypox merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus bernama Monkeypox Virus (MPVX).

Penyakit ini awalnya berasal dari hewan. Namun, kemudian menular pada manusia.

Penularan dari hewan ke manusia bisa karena gigitan atau cakaran. Bisa juga karena kontak langsung dengan hewan maupun kandang yang terinfeksi virus. Berikut fakta tentang monkeypox selengkapnya.

1. Monkeypox Bukan Virus Baru

Setelah hampir dua tahun pandemi menyerang dunia, banyak orang yang trauma dengan berbagai virus penyakit, termasuk monkeypox. Namun kamu tidak perlu khawatir, monkeypox bukanlah virus baru. 

Virus monkeypox ditemukan pertama kali pada seekor monyet pada tahun 1958. Kasus monkeypox pertama yang menginfeksi manusia ditemukan pada anak-anak dan terjadi pada tahun 1970.

2. Monkeypox Bukan Dari Monyet Saja

Ternyata bukan hanya monyet yang menyebabkan penyakit monkeypox ini. Ada juga hewan lain yang diidentifikasi merupakan inang dari virus monkeypox, yaitu tupai dan tikus. Meski masih butuh penelitian.

3. Monkeypox Bukan Penyakit yang Menginfeksi Gay

Beredar kabar yang mengatakan bahwa monkeypox adalah virus yang hanya menginfeksi kalangan gay, biseksual, atau pekerja seksual. Berita tersebut rupanya kurang tepat atau bisa saja disebut hoax.

Virus monkeypox bisa menginfeksi siapa saja. Tidak hanya dari kalangan gay, biseksual, atau pekerja seksual saja. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, semua bisa terinfeksi virus monkeypox ini.

4. Monkeypox Bisa Sembuh Sendiri

Orang yang terkena penyakit ini biasanya akan mengalami gejala demam, ruam, hingga mengalami pembengkakan kelenjar getah bening dan dapat menyebabkan berbagai komplikasi medis.

Meski begitu, monkeypox dikatakan bisa sembuh sendiri disertai gejala-gejala yang muncul, dengan kasus paling parah selama dua sampai empat minggu. Rasio kematiannya sekitar 3-6 persen.

5. Monkeypox Tidak Ada di Indonesia

Sampai hari ini belum ada laporan terkait penderita monkeypox di Indonesia. Menteri Kesehatan RI mengatakan bahwa sebenarnya ada sekitar 11 orang yang suspek atau diduga terkena monkeypox.

Namun, setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan, telah dikonfirmasi bawah 11 orang  yang bergejala bintik-bintik merah atau mirip gejala monkeypox telah dinyatakan negatif dari virus monkeypox.

Nah, sekarang kamu sudah tahu fakta tentang monkeypox. Kamu tidak perlu panik berlebihan menyikapi penyakit monkeypox yang sedang viral di media sosial ini.

Meski demikian, tetaplah jaga kesehatan dan selalu menjaga kebersihan sekitar agar tidak mudah terjangkit penyakit.

Akhir kata, jangan lupa share artikel fakta tentang monkeypox ini jika menurut kamu bermanfaat. Aktifkan juga lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan artikel bermanfaat dari Mytips.id setiap hari.

Posting Komentar