Perbedaan antara Google Bard dan ChatGPT, Keren Mana? - Mytips.id

Perbedaan antara Google Bard dan ChatGPT, Keren Mana?



Mytips.id - Google Bard dan ChatGPT tengah bersaing untuk menunjukkan teknologi chatbot AI paling unggul. Meskipun menawarkan layanan hampir sama, keduanya memiliki perbedaan yang selalu menarik untuk dibahas.

Perbedaan antara Google Bard dan ChatGPT

Berikut ini perbedaan Google Bard dan ChatGPT.

1. Perusahaan Pengembang

Pengembang merupakan perbedaan paling mendasar antara dua chatbot AI ini. Google Bard kecerdasan buatan yang diproduksi oleh perusahaan teknologi Google LLC.

Sedangkan ChatGPT dikembangkan oleh OpenAI yang disokong oleh Microsoft. Kabarnya, Elon Musk turut andil dalam produksi aplikasi tersebut.

ChatGPT hadir lebih dulu dibandingkan Google Bard. Bahkan teknologi digital milik OpenAI tersebut digadang-gadang menjadi pelopor chatbot AI.

Meskipun sudah memberikan manfaat bagi pengguna, baik Google Bard dan ChatGPT masih terus melakukan pembaharuan untuk layanan yang lebih baik.

2. Sistem Model Bahasa

Google Bard menggunakan sistem bahasa Language Model for Dialogue Applications (LaMDA). Sistem milik Google ini diciptakan khusus untuk kepentingan dialog.

Saat sistem menerima pertanyaan dari jutaan pengguna, LaMDA diklaim mampu melakukan pencekalan sehingga tetap dapat memberikan jawaban informatif dan valid.

Sedangkan sistem bahasa yang digunakan oleh ChatGPT disebut Generative Pretrained Transformer 3 (GPT-3). Sistem ini mampu memberikan jawaban berupa teks yang mirip dengan gaya interaksi antar manusia.

3. Jangkauan Informasi

Jangkauan yang dimiliki oleh Google Bard lebih unggul. Chatbot AI ini mengandalkan mesin pencarian Google untuk mendapatkan informasi lebih luas dari berbagai media.

Sedangkan jangkauan informasi ChatGPT masih terbatas karena mengandalkan pelatihan yang berakhir pada tahun 2021. Sampai artikel ini diterbitkan, aplikasi tersebut belum melakukan pembaharuan.

4. Kemampuan dalam Menjawab

Masih sering terjadi ketimpangan pada Google Bard. Misalnya, gabungan jawaban dari pertanyaan dari berapa elemen multimedia, seperti gambar, video, atau audio.

Demikian pula dengan Chat GPT, aplikasi ini kerap kali melakukan kesalahan dalam menjawab soal matematika. Namun, topik diluar itu masih memberikan jawaban yang sangat akurat.

5. Kemampuan Menangkap Bahasa

Dari segi kemampuan menangkap bahasa ChatGPT dapat dikatakan lebih unggul. Aplikasi ini bisa memberikan jawaban untuk perintah mengarang cerita hingga teman mengobrol seperti manusia.

Kemampuan tersebut belum dimiliki oleh Google Bard. Chatbot AI ini didasarkan pada teknologi mesin pencarian dan data website yang tersebar di internet.

Sejauh ini, itulah perbedaan Google Bard dan ChatGPT. Keduanya diprediksi akan terus mengalami perubahan mengikuti perkembangan teknologi.

Posting Komentar