Apa itu Google Bard? - Mytips.id

Apa itu Google Bard?



Mytips.id - Belum lama ini, dunia digital dihebohkan dengan kemunculan chatbot AI. Perusahaan raksasa Google LLC turut mengeluarkan layanan serupa, yaitu Google Bard yang digadang-gadang akan menyaingi ChatGPT.

Mengenal Layanan Google Bard

Chatbot AI keluaran Google hadir dengan teknologi Language Model for Dialogue Application (LaMDA). Layanan ini memberikan jawaban informatif dari berbagai pertanyaan berupa teks dan suara. 

Selain itu, juga dapat menjalankan  perintah menerjemahkan bahasa, serta menulis konten kreatif, seperti ide dialog, copywriting, dan naskah cerita, puisi, dan masih banyak lagi.

Google Bard pertama kali diluncurkan di beberapa negara pada 06 Februari 2023. Chatbot ini merupakan eksperimen dari teknologi yang berkolaborasi dengan AI generator sehingga dapat memberikan jawaban untuk berbagai macam perintah.

Cara Kerja Google Bard

Google Bard dibangun di Pathways Language Model 2 (PaLM 2), yaitu model bahasa mutakhir yang memiliki kemampuan multi bahasa, penalaran, dan pengkodean mendekati sempurna.

PaLM digabungkan dengan teknologi LaMDA sehingga menjadi kerangka kerja chatbot AI yang siap bersaing dengan layanan serupa.

Google Bard dirancang lebih dari sekedar aktivitas pencarian sehingga dapat menghasilkan lebih banyak jawaban. Ini lebih luas dari permintaan kata kunci. Pengguna dan AI selayaknya percakapn yang terlihat alami.

Tidak hanya memberikan daftar jawaban, aplikasi ini memberikan tanggapan atau tindak lanjut terkait topik yang dicari. Pengguna akan mendapatkan informasi lebih luas dengan penjelasan terperinci.

Cara Mengakses Google Bard

Google Bard dapat diakses melalui perangkat laptop, tablet, dan smartphone, berikut panduan lengkapnya:

  • Masuk ke laman https://bard.google.com/, setelah halaman terbuka pilih "Join Waitlist".
  • Masuk ke akun Google yang masih aktif, kemudian klik tombol "Saya Setuju".
  • Selanjutnya, muncul halaman "Bard Eksperimen".
  • Masukkan pertanyaan atau perintah pada kolom yang berada di bagian bawah, kemudian klik ikon kirim.
  • Google Bard akan menampilkan jawaban yang informatif dan valid.

Meskipun masih dalam pengembangan, Google Bard terus berupaya memberikan jawaban informatif sesuai dengan perintah pengguna.


Posting Komentar