Seleksi Mandiri Universitas Indonesia, Masih ada Kesempatan Mengikuti SIMAK UI - Mytips.id

Seleksi Mandiri Universitas Indonesia, Masih ada Kesempatan Mengikuti SIMAK UI



Mytips.id - Hasil SNBT 2023 sudah resmi keluar pada hari Selasa 20 Juni kemarin. Universitas Indonesia (UI) sebagai salah satu kampus favorit mengucapkan selamat kepada para peserta yang lolos. Saking semangatnya mahasiswa baru sudah mulai mencari informasi mengenai jadwal masuk kuliah.

Dilansir dari akun instagram resmi @univ_indonesia, saat ini kampus belum mengumumkan jadwal masuk kuliah. UI sendiri sama seperti perguruan tinggi lainnya yang masih sibuk membuka kesempatan bagi para calon mahasiswa baru.

Jalur Masuk PPKB, SIMAK dan Jadwal Masuk Kuliah UI 2023

SNTB bukan jalur satu-satunya untuk masuk kampus top Indonesia ini. UI memberikan kesempatan bagi peserta yang gagal jalur umum melalui dua seleksi mandiri, yaitu PPKB dan Simak UI.

1. PPKB

PPKB merupakan cara masuk UI melalui sistem undangan jalur prestasi. Peserta PPKB adalah siswa yang pernah menjadi juara lomba minimal juara tiga atau peraih medali perunggu di bidang olahraga, seni atau IPTEKS tingkat nasional dan internasional.

Perlu dicatat bahwa hasil PPKB sangat dipengaruhi oleh prestasi alumni sekolah selama menjadi mahasiswa UI dan kuota dari program studi sendiri.

Pendaftaran online, pembayaran hingga pengumpulan berkas PPKB dapat dilakukan dari tanggal 22 Mei hingga 22 Juni. Untuk mengikuti seleksi ini peserta dikenakan biaya sebesar Rp850.000. 

Pada tanggal 23 Juni peserta diharapkan mencetak kartu ujian. Sesuai yang tertulis di website penerimaan.ui.ac.id, hasil PPKB diumumkan pada tanggal 11 Juli pukul 16.00.

2. SIMAK UI

SIMAK UI merupakan seleksi masuk mandiri yang diselenggarakan oleh universitas. Pendaftarannya dimulai sejak 06 Juni hingga 06 Juli 2023, selama jangka waktu tersebut peserta dapat melakukan pembayaran sebesar Rp500.00 ribu untuk dua pilihan program studi.

Sedangkan jika ingin memilih tiga program studi, peserta dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp600.000.

Setelah melakukan pembayaran, peserta bisa mencetak kartu ujian pada tanggal 06 sampai 07 Juli. Sedangkan ujian saringan masuk berlangsung pada 09 Juli 2023 pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.

Hasil seleksi SIMAK UI diumumkan pada tanggal 21 Juli 2023 pukul 16.00

Jika melihat kebelakang, jadwal masuk UI tahun lalu adalah akhir Agustus 2022 namun hingga tulisan ini terbit belum ada informasi resmi.

Untuk mengetahui jadwal masuk kuliah UI 2023 silahkan cek secara berkala akun media sosial resmi seperti instagram @univ_indonesia.


Posting Komentar