Cara Mengatasi Whatsapp Web Tidak Bisa Dibuka, Mudah Dipraktekkan oleh Semua Pengguna Komputer - Mytips.id

Cara Mengatasi Whatsapp Web Tidak Bisa Dibuka, Mudah Dipraktekkan oleh Semua Pengguna Komputer



Mytips.id - Artikel kali ini akan membahas mengenai cara mengatasi Whatsapp Web tidak bisa dibuka agar kembali berfungsi dengan lancar. Aplikasi chatting tersebut memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengirim pesan melalui browser di komputer.

Namun, terkadang terjadi masalah saat menggunakan WhatsApp Web, dimana aplikasi tidak dapat dibuka dan berfungsi dengan benar. Apabila mengalami masalah serupa, Mytips.id memberikan solusi untuk mengatasi kendala tersebut.

Cara Mengatasi Whatsapp Web Tidak Bisa Dibuka

Jika Whatsapp Web yang tidak dapat dibuka, berikut ini beberapa langkah yang dapat dicoba.

1. Memperbarui Aplikasi Whatsapp Seluler

Pastikan menggunakan versi terbaru WhatsApp seluler. Periksa pembaruan yang tersedia pada toko aplikasi. Jika ada pemberitahuan update, segera perbarui untuk mendapatkan versi terbaru.

Jangan menggunakan apk mod atau aplikasi ganda. Unduh Whatsapp resmi yang hanya tersedia di Play Store atau App Store. Selain itu, pastikan juga kamera pada ponsel bersih agar tidak ada kendala saat melakukan scan barcode.

2. Memeriksa Koneksi Internet

Alasan lain Whatsapp Web tidak dapat dibuka di browser perangkat komputer adalah jaringan yang kurang stabil. Scan barcode yang disinggung pada poin sebelumnya tentu membutuhkan koneksi internet yang bagus.

Cek sambungan WiFi dan jaringan seluler yang digunakan, baik perangkat komputer maupun ponsel harus mendapatkan koneksi internet yang kuat.

3. Refresh Whatsapp Web

Cobalah memuat ulang halaman WhatsApp Web dengan menekan tombol F5 pada keyboard atau menggunakan opsi refresh pada browser yang digunakan. Bila perlu restart ponsel yang terhubung dengan komputer.

4. Bersihkan Cache Browser

Tembolok atau memori singgahan yang berlebihan dapat mengganggu fungsi normal WhatsApp Web. Oleh karena itu, bersihkan cache pada browser. Caranya berbeda tergantung pada mesin pencarian yang digunakan. Biasanya, pengguna akan menemukan opsi untuk menghapus riwayat penelusuran atau cookie.

5. Menggunakan Mode Penyamaran

Mode penyamaran (incognito) digunakan untuk membuka dua akun Whatsapp dalam satu perangkat. Cara ini digunakan agar pengguna dapat log in tanpa bantuan pihak ketiga.

Perlu diketahui, perangkat komputer tidak dapat digunakan untuk dua akun sekaligus. Oleh karena itu, mode penyamaran harus diaktifkan terlebih dahulu agar tidak mengalami error.

Mode penyamaran dapat diaktifkan melalui Google Chrome. Fitur ini juga dapat digunakan untuk menyembunyikan cookie. Jadi, informasi dan aktivitas pengguna internet tidak dapat diketahui.

6. Matikan VPN pada Perangkat Komputer

Whatsapp Web tidak dapat dibuka bisa disebabkan oleh VPN pada perangkat komputer. IP aplikasi ini terdeteksi sebagai koneksi yang tidak sah. Hal tersebut dianggap sebagai upaya memproteksi akun.

Pastikan VPN non aktif saat menyambungkan Whatsapp Web agar tidak terjadi error atau gagal log in.

Sudah mengikuti cara mengatasi Whatsapp Web tidak dapat dibuka seperti di atas, tapi belum berhasil. Ada kemungkinan aplikasi tersebut memang diblokir atau hubungi pihak bersangkutan untuk menanyakan kendala tersebut.

Posting Komentar