Tips Membeli iPhone Bekas untuk Pemula, Awas Salah Pilih - Mytips.id

Tips Membeli iPhone Bekas untuk Pemula, Awas Salah Pilih


Mytips.id - Membeli HP bekas tidak seperti membeli HP baru. Termasuk juga saat membeli HP iPhone bekas. Oleh karena itu, secara khusus, ada beberapa tips membeli iPhone bekas.

Seperti misalnya, ada baiknya kamu membeli iPhone bekas secara offline atau membelinya pada orang-orang yang kamu percaya. Terlalu beresiko jika kamu membeli secara online.

Selain itu, ada juga beberapa tips lain buat kamu yang mau membeli HP iPhone bekas atau second. Singkat kata, berikut tips membeli iPhone bekas yang bisa kamu coba.

1. Pastikan iPhone 100% Normal  

Sebelum membeli iPhone bekas, coba matikan lalu hidupkan lagi lewat tombol power. Saat dinyalakan, pastikan iPhone masuk ke layar home setelah selesai booting.

Jika saat kamu menyalakan hanya berhenti di logo Apple atau loading cukup lama, mungkin besar iPhone bekas yang akan kamu beli tersebut sudah tidak 100% normal.

2. Cek Kesehatan Baterai 

Biasanya iPhone yang sudah dipakai lebih dari setahun, rentan sekali mengalami masalah pada baterai. Maka, cek lebih dulu kesehatan baterai iPhone bekas yang akan kamu beli.

Kamu hanya perlu masuk ke settings, kemudian pilih battery, lalu battery health. Periksa pada bagian Maximum Capacity. Akan muncul persentase kesehatan baterai iPhone tersebut. 

3. Pastikan Apple ID Kosong 

Salah satu keunggulan iPhone adalah memiliki Apple ID untuk setiap pengguna. HP iPhone hanya akan bisa dipakai jika username dan password sesuai dengan Apple ID.

Nah, oleh karena itu, kamu harus cek lebih dulu apakah Apple ID sudah kosong atau belum. Jika masih ada Apple ID, maka kamu tidak bisa menggunakan iPhone secara bebas.

Untuk mengeceknya, kamu bisa masuk ke settings. Lihat kolom yang berisi informasi Apple ID di bagian atas. Jika Apple ID kosong, tidak akan tertera nama akun pengguna.

4. Periksa Activation Lock 

Activation Lock adalah fitur Apple untuk mencegah orang lain memakai iPhone yang dicuri atau hilang. Fitur ini bisa aktif otomatis ketika pengguna memakai fitur Find My iPhone.

Jika pengguna sebelumnya masih mengaktifkan fitur Activation Lock, maka kamu tidak akan bisa masuk atau login ke iPhone bekas yang akan kamu beli jika tanpa Apple ID milikinya. 

5. Cek Semua Bagian iPhone

Periksa semua bagian iPhone. Mulai dari port, tombol-tombol, layar, kamera, microphone dan speaker. Pastikan semuanya masih berfungsi dengan baik atau normal tanpa kendala. 

Oiya, kamu sudah tahu kalau iPhone dan segala aksesoris pelengkapnya tidak murah? Sayang sekali kalau kamu harus mengeluarkan uang lagi untuk biaya servis dan sebagainya.

6. Pastikan Bukan iPhone Curian 

Untuk memastikan bahwa iPhone bekas yang akan kamu beli tersebut bukan barang hasil curian atau milik orang yang hilang, coba ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengetahuinya:

  1. Masuk ke settings, General, lalu About.

  2. Cek nomor IMEI. 

Setelah mengetahui nomor IMEI tersebut, buka browser dan masuk ke situs Stolen Phone Checker. Masukkan nomor IMEI pada kolom yang tersedia. Akan muncul keterangan tentang status iPhone tersebut. Apakah dilaporkan hilang, dicuri, atau tidak ada masalah.

7. Jangan membeli iPhone 5  

HP keluaran baru saat ini sudah mengusung jaringan 5G, termasuk juga iPhone. Namun sinyal 5G belum merata ke seluruh Indonesia. Sinyal 4G masih menjadi andalan hingga sekarang. 

Lalu bagaimana dengan sinyal di 3G nantinya? Ke depan, mungkin akan hilang. Oleh karena itu, usahakan jangan beli iPhone bekas dengan seri di atas iPhone 5 atau sebelumnya. 

Percuma saja jika punya HP iPhone tapi tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi. Jangan tergiur iPhone seri lama (seri iPhone 5 dan sebelumnya) hanya karena harganya murah.

Demikian kira-kira beberapa tips yang bisa kamu coba jika ingin membeli iPhone bekas. Asal tahu triknya, kamu bisa kok dapat iPhone bekas yang kualitasnya hampir sama seperti baru.

Akhir kata, jangan lupa share artikel ini jika menurut kamu bermanfaat. Satu lagi, aktifkan juga lonceng notifikasi agar kamu tidak ketinggalan artikel bermanfaat dari Mytips.id.

Posting Komentar