Apa Itu Istilah The Big Three Dalam Dunia Anime, Simak Sejarahnya - Mytips.id

Apa Itu Istilah The Big Three Dalam Dunia Anime, Simak Sejarahnya


Mytips.id, GEEK - Bagi penggemar anime di era tahun 90-an dan 2000-an pasti tidak asing dengan istlah The Big Three.

Tetapi bagi penggemar anime era sekarang, istilah ini mungkin sedikit asing.

Istilah The Big Three adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan tiga seri manga paling populer selama masa keemasan mereka di majalah Shonen Jump.

Ketiga seri manga itu adalah One Piece, Naruto dan Bleach.

Mereka mendapatkan julukan yang sama karena lamanya masa popularitas mereke di seluruh dunia. 

Karakter utama dari ketiga seri ini juga menjadi cover majalah mingguan Shonen Jump.

Dengan menampilkan wajah karakter utama mereka yaitu, Luffy, Naruto dan Ichigo, dibandingkan jajaran seri lainnya saat itu.

Meskipun ketiga seri tersebut tidak menempati penjualan terbesar di majalah, seperti seri manga Hunter x Hunter yang  menjual lebih banyak per volume daripada Bleach.

Namun, Shonen Jump tetap mempertahankan posisi mereka, The Big Three sebagai  cover majalah karena popularitas mereka.

Ketiga manga ini masing-masing juga menjadi seri anime yang memiliki jumlah episode terbanyak.

Bleach memiliki 366 episode, Naruto (+Shippuden) memiliki 720 episode, dan One Piece memiliki 1063 per Mei 2023.

Jumlah ini belum termasuk spin-off, sekuel, dan film, jadi jumlah untuk seluruh waralaba dari ketiga seri tersebut lebih tinggi.  

Ketiganya merupakan seri shonen atau action yang biasanya berfokus pada tema cerita seperti petualangan, persahabatan dan action. 

Genre ini biasanya memiliki banyak subplot dan satu plot utama secara keseluruhan.

Ketiga manga The Big Three juga memiliki banyak adegan perkelahian dan protagonis kuat yang sedikit bodoh.

Pertarungan juga merupakan bagian utama dari sebagian besar seri shonen  dan karakter protagonis hampir selalu memiliki kekuatan super dan sangat berotot.

Penggunaan Kontemporer

Istilah ini biasa hanya digunakan dalam berbagai diskusi otaku.

Istilah The Big Three cenderung menarik penggemar dengan ketertarikan manga yang sama sehingga kemungkinan penggemar salah satu seri setidaknya akan mencoba untuk melihat seri lainnya.

Terkadang penggemar mendiskusikan apa The Big Three dari genre lain, atau  mereka mencoba menemukan The Big Three untuk Shonen saat ini. 

Selama penurunan penjualan dan popularitas Bleach, Toriko menjadi seri manga terpopuler dan mulai ditampilkan sebagai cover bersama Bleach di majalah Shonen Jump. 

Toriko saat itu mulai mengambil tempatnya di The Big Three.

Sesaat setelah Toriko & Bleach mulai kehilangan popularitas dan berakhir bersama Naruto, seri lain menjadi lebih sering ditampilkan sebagai cover bersama One Piece.

Seri manga itu adalah My Hero Academia, Haikyuu, Assassination Classroom,  dan Black Clover dan baru-baru ini Kimetsu no Yaiba.

Tetapi kemungkinan ada tiga seri tayang tampil sebagai cover secara bersamaan di majalah mingguan Shonen Jump adalah kecil.

Terlebih, bagi penggemar manga dan anime sangat mustahil, jika ada tiga seri manga yang tampil secara bersamaan sebagai cover dan mampu menyaingi popularitas The Big Three yang asli.

Selama Zaman Keemasan Shonen Jump Mingguan, ketika peredarannya mencapai puncaknya, menurut penggemar "The Big 3" yang setara untuk awal 90-an adalah Dragon Ball, Slam Dunk, dan Yu Yu Hakusho. 

Sementara akhir 90-an yang setara adalah One Piece, Rurouni Kenshin dan Hunter x Hunter.***



Posting Komentar