5 Peyebab Pemanasan Global yang Patut Diwaspadai - Mytips.id

5 Peyebab Pemanasan Global yang Patut Diwaspadai

Mytips.id - Ternyata hal-hal sederhana yang sering kamu lakukan di rumah bisa menjadi salah satu penyebab pemanasan global lho.

Seperti tidak melepas kabel charger atau kabel listrik yang sedang tidak dipakai.

Perilaku manusia sendirilah yang menyebabkan pemanasan global semakin menjadi di bumi ini. Di bawah ini adalah beberapa penyebab pemanasan global yang seringkali dilakukan oleh manusia.

1. Deforestasi

Deforestasi atau penebangan hutan menjadi salah satu penyebab pemanasan global.

Mengapa? Karena pohon adalah pelindung bumi yang memiliki fungsi menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen.

Bayangkan saja jika semua pohon di hutan ditebang, maka akan semakin banyak karbondioksida yang dihirup oleh penduduk bumi. Pasokan oksigen pun akan semakin berkurang. Bumi menjadi tidak sejuk.

2. Polusi Udara

Kendaraan bermotor yang berlalu lalang setiap hari juga turut menyumbang karbondioksida.

Karbondioksida itulah yang menjadi polusi udara sehingga menyebabkan bumi menjadi semakin panas.

Selain karbondioksida, asap kendaraan bermotor juga menghasilkan gas metana dan dinitrogen oksida yang diketahui bisa mengikat panas 84 kali lebih cepat dan lebih banyak daripada karbondioksida.

3. Limbah Industri

Limbah industri terbesar ternyata datang dari pabrik kertas dan plastik. Dari berbagai sumber disebutkan bahwa satu kali produksi plastik bisa menghasilkan sekitar tiga ton karbondioksida. Wah, banyak ya?

Hal itu berdasarkan perhitungan produksi 30 juta produk plastik. Produksi tersebut membutuhkan 12 juta barel minyak.

Nah, dari minyak mentah itu bisa melepaskan emisi karbon hingga tiga ton karbondioksida.

4. Penggunaan Listrik

Siapa sangka jika ternyata listrik juga bisa menjadi penyebab pemanasan global. Pembangkit listrik perlu pembakaran batu bara yang menghasilkan kurang lebih dua miliar ton karbondioksida setiap tahunnya.

Bahkan alat-alat elektronik yang kamu punya di rumah, seperti kulkas, AC, dan sebagainya ikut berkontribusi karena alat-alat ini menghasilkan gas berfluorinasi yang efek pemanasannya sangat kuat.

5. Limbah Peternakan

Selain deforestasi, polusi udara, dan lainnya yang telah disebutkan di atas, limbah peternakan juga menjadi salah satu penyebab pemanasan global dengan prosentase cukup tinggi, sekitar 16 persen.

Kotoran hewan ternak, terlebih sapi dan kerbau dapat menghasilkan gas metana. Pembuatan pupuk kompos pun menghasilkan dinitrogen oksida yang keduanya termasuk gas penyebab pemanasan global.

Kira-kira demikian penyebab pemanasan global yang seringkali tidak kamu sadari. Hemat listrik, pergi dengan sepeda atau berjalan kaki menjadi perilaku yang efektif untuk mengurangi pemanasan global.

Akhir kata, terima kasih sudah berkunjung ke MyTips.id. Share artikel ini ke rekan-rekan kamu.

Jangan lupa juga untuk mengaktifkan notifikasi agar tidak ketinggalan artikel-artikel lainnya dari MyTips.id.

 
 
Posting Komentar