5 Fakta BSU: Syarat, Cara Daftar, hingga Hoax - Mytips.id

5 Fakta BSU: Syarat, Cara Daftar, hingga Hoax


Mytips.id - Bantuan Subsidi Upah atau BSU merupakan subsidi dari pemerintah untuk kurang lebih 8,8 juta pekerja. Agar dapat BSU, para pekerja harus memenuhi persyaratan dan melakukan pendaftaran lebih dulu. 

Hingga 20 September 2022, ada setidaknya 5 fakta terkait dengan BSU. Dari mulai siapa yang berhak menerima, cara daftar, hingga hoax yang bertebaran. Singkat kata, berikut 5 fakta terkait dengan BSU.

1. Gaji UMP

BSU merupakan bantuan yang diperuntukan untuk para pekerja dengan besaran gaji UMP.

Bukan tidak lebih dari Rp 3,5 juta per bulan. Asal gaji  masih UMP, meski di atas 3,5 juta, tetap bisa mendapat BSU.

2. Total BSU 8,8 Triliun

Pemerintah menggelontorkan dana 8,8 triliun untuk BSU. Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia mengatakan BSU menyasar 8,8 juta pekerja sehingga kebutuhan 8,8 triliun.  

3. Syarat Mendapat BSU

Syarat mendapat BSU adalah pekerja dengan gaji UMP dan tentu saja yang dibawahnya.

Meski gaji di atas 3,5 juta, asal sesuai dengan UMP seperti daerah Jakarta dan sekitarnya, tetap bisa mendapat BSU.

4. Cara Daftar BSU

Cara daftar BSU itu mudah. Kunjungi saja situs https://bsu.kemnaker.go.id. Setelah itu buat akun BSU. Masukkan data-data yang diminta (nama, nomor HP, dan seterusnya). Ikuti petunjuknya sampai selesai. 

Proses pendaftaran selesai jika statusnya “Kamu terdaftar sebagai calon penerima BSU 2022”.

Setelah terverifikasi dan memenuhi syarat, statusnya berganti “Kamu ditetapkan sebagai penerima BSU 2022”.

5. Link Hoax BSU

Dikutip dari situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, telah beredar informasi yang berisi permintaan pengisian data bagi penerima BSU. Padahal, permintaan tersebut hoax.

Jadi, buat yang belum menerima atau yang sudah menerima BSU, jangan sekali-kali mengisi data apa pun selain yang diminta langsung oleh kementerian yang bersangkutan lewat https://bsu.kemnaker.go.id.

Demikian kira-kira 5 fakta seputar BSU. Mulai siapa yang berhak menerima, anggaran yang dikeluarkan pemerintah, syarat dan cara daftar, hingga informasi hoax terkait BSU. Akhir kata, semoga bermanfaat : )

Posting Komentar