Tips Mengatasi Perut Kembung Pada Anak & Orang Tua Secara Alami - Mytips.id

Tips Mengatasi Perut Kembung Pada Anak & Orang Tua Secara Alami


Mytips.id - Perut kembung bisa menyerang siapa saja. Dari anak-anak hingga orang tua. Nah, agar kamu terhindar dari perut kembung, kamu bisa tips mengatasi perut kembung dari Mytips.id.

Ingat, perut kembung merupakan hal umum yang sering terjadi. Perut kembung sendiri dapat terjadi ketika banyak gas atau udara yang menumpuk dalam lambung dan usus. 

Ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi perut kembung. Singkat kata, berikut ini beberapa tips mengatasi perut kembung pada anak maupun orang tua secara alami.

1. Hindari makanan yang dapat meningkatkan gas di lambung

Mengingat makanan ternyata juga bisa menyebabkan perut kembung, maka tips yang pertama adalah kamu perlu menghindari makananan yang dapat meningkatkan gas di lambung.

Ada jenis makanan yang mengandung gas berlebih. Seperti makanan jenis kacang-kacangan, brokoli, dan kubis. Jika perut sedang kembung, hindari dulu makanan-makanan tersebut.

2. Buli-buli Panas atau Kompres Air Hangat 

Untuk meredakan perut kembung, kamu juga bisa menggunakan buli-buli panas yang berupa botol karet berisi air panas dengan suhu sekitar 360 celcius  sampai  380 celcius.

Jika tidak ada buli-buli panas, maka kamu bisa memakai handuk yang dibasahi dengan air hangat untuk mengompres. Cara ini dapat menekan rasa tidak nyaman akibat perut kembung

Selain itu, dengan cara tersebut otot-otot pencernaan juga bisa menjadi lebih rileks. Meski perut kembung tidak langsung sembuh, paling tidak rasanya sudah sedikit agak nyaman.

3. Olesi Perut dengan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mengatasi perut kembung. Kamu bisa mengoleskan minyak kayu putih ke seluruh permukaan perut.

Jika tidak ada minyak kayu putih, kamu juga bisa mengolesi perut yang sedang kembung dengan minyak peppermint atau minyak essential oil seperti yang sedang viral saat ini.

4. Minum Air Jahe

Rempah-rempah yang satu ini dikenal dapat mengurangi kadar gas dalam perut. Selain mengurangi kadar gas,  minum air jahe juga dapat memberi rasa lega dan hangat di perut.

Agar rasanya makin sedap, kamu bisa membuat minuman air  jahe dengan cara membakar jahe lebih dulu. Kemudian geprek jahe yang sudah dibakar dan diseduh dengan air panas. 

Akhir kata, semoga tips di atas bisa membantu kamu mengatasi perut kembung. Jangan lupa share artikel ini jika menurut kamu bermanfaat. Dari Mytips.id, semoga lekas sembuh.

Posting Komentar