10 Tips Memilih Semangka Manis dan Matang Sempurna - Mytips.id

10 Tips Memilih Semangka Manis dan Matang Sempurna

 


Mytips.id - Berikut ini adalah 10 tips memilih semangka agar mendapatkan yang manis dan matang sempurna.

Semangka menjadi salah satu buah yang sering menjadi pilihan banyak orang untuk di konsumsi pribadi maupun acara besar. Karena buah ini manis namun terasa segar, dan sangat cocok digunakan sebagai makanan penutup atau pencuci mulut. 

Namun seperti yang kita ketahui membeli buah memang cukup tricky, begitu pula dengan memilih buah semangka. Berikut ini sepuluh tips memilih semangka, untuk membantu kamu terhindar mendapatkan semangka yang masih mentah atau yang tidak manis.

1. Mengetuk semangka 

Pernahkan melihat orang mengetuk-ngetuk buah semangka? Cara ini memang ampuh digunakan untuk mengetahui kepadatan dari buah tersebut. Seperti pada halnya dengan membeli kelapa muda. Nah, buah semangka yang baik akan mengeluarkan suara yang padat, berat dan juga penuh. Hal ini menandakan buah semangka sudah matang sempurna.

2. Perhatikan garisnya 

Garis-garis hijau pada buah semangka menjadi salah satu indikasi yang bisa kamu gunakan untuk memilih buah semangka yang terbaik. Semakin gelap warna hijau pada garis semangka menandakan buah ini sudah siap dimakan.

3. Kulit terasa tebal dan kencang 

Tips ketiga adalah dengan mengetahui dari kulitnya. Semangka yang baik dan manis memiliki kulit yang tebal dan terasa kencang. Tekan buah semangka jika terlalu lembek, hati-hati semangka tersebut terlalu matang, dan bisa cepat busuk.

4. Bentuk lebih bulat 

Bentuk semangka yang oval atau lonjong sering memiliki isi yang tidak manis dan juga lebih berair. Kamu bisa pilih semangka dengan bentuk yang lebih bulat, karena ini menandakan semangka yang kamu beli memiliki rasa manis.

5. Lihat tangkainya

Perhatikan tangkai dari semangka, jika berwarna terlalu hijau berarti menandakan panen pada semangka terlalu cepat. Kamu bisa lihat tangkainya dan pilih semangka yang memiliki tangkai lebih kering. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan buah semangka yang memang sudah layak panen dan dikonsumsi.

6. Hindari bercak putih 

Kamu bisa melihat bercak pada buah semangka, jika memiliki bercak putih menandakan bahwa semangka belum begitu matang. Sedangkan bercak kuning atau ground spot pada semangka bisa mengindikasi bahwa semangka sudah matang.

7. Tanya ke Penjual 

Jika kamu benar-benar awam soal ini, tidak ada salahnya kamu menanyakan langsung pada penjual atau petugas yang mengerti soal buah. Karena dengan begitu kamu bisa menghindari salah dalam memilih buah semangka. Kamu yakinkan penjual bahwa semangka yang kamu beli harus berkualitas baik.

8. Tekstur Cokelat 

Tekstur kasar berwarna cokelat pada buah semangka yang menyerupai laba-laba menandakan bahwa semangka sudah mengalami polinasi dari lebah. Tekstur tersebut memberi tanda bahwa lebah menyentuh bagian penyerbukan pada bunga berkali-kali. Hal ini membuat semangka tersebut terasa manis!

9. Berat semangka 

Ukuran semangka yang besar atau kecil tidak berarti menandakan sebuah semangka memiliki rasa manis. Tapi kamu bisa melihat dari beratnya, pilih berat yang cukup seimbang dengan ukurannya. Bukan yang terlalu besar atau terlalu kecil.

10. Memilih yang sudah dibuka 

Cara lain jika masih ragu, kamu bisa pilih semangka yang sudah dibuka. Hal ini bisa kamu perhatikan dari kepekatan dan kepadatan semangka. Pilih daging penuh dan berwarna merah segar. 

Nah, gimana tidak sulit kan untuk memilih buah semangka. Kamu hanya butuh sedikit lebih teliti. Dan kesepuluh tips di atas bisa kamu jadikan acuan agar menghindari membeli semangka mentah atau tidak manis, ya!

Posting Komentar