10 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Gula Darah Langsung Turun - Mytips.id

10 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Gula Darah Langsung Turun


Mytips.id - Cek 10 manfaat daun kelor untuk kesehatan yang telah tim Mytips.id rangkum dari berbagai sumber di bawah ini.

Salah satu manfaat daun kelor untuk kesehatan adalah baik untuk jantung. Senyawa di dalam daun kelor sangat bermanfaat untuk kesehatan apabila dikonsumsi.

Mulai dari vitamin, mineral, zat besi, magnesium dan lain-lain. Selain itu daun kelor juga kaya akan asam amino sebagai penyusun protein. 


Ditambah lagi daun kelor bersifat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang ada di sekitar kita. Berikut ini adalah sederet manfaat daun kelor.


1. Menjaga Daya Tahan Tubuh


Berkat kandungan senyawa yang bersifat antioksidan, daun kelor bekerja baik dalam menjaga daya tahan tubuh dari berbagai macam penyakit.


2. Mengontrol Kadar Gula Darah


Berdasarkan beberapa penelitian, daun kelor dapat mengontrol kadar gula darah dan bisa meningkatkan produksi dan fungsi insulin. Hal tersebut baik untuk mencegah diabetes.


3. Melancarkan Produksi ASI


Banyak yang menyarankan bahwa daun kelor baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui karena ekstrak daun kelor mengandung senyawa yang dapat melancarkan produksi ASI.


4. Mengatasi Infeksi Bakteri


Daun kelor juga dipercaya dapat membantu meredakan infeksi yang terjadi akibat bakteri. Hal tersebut karena daun kelor memiliki sifat antimikroba. 


5. Mencegah dan Mengobati Kanker


Menurut berbagai sumber, daun kelor mengandung niazimicin. Niazimicin adalah salah satu senyawa yang dapat menekan perkembangan sel kanker.


6. Meningkatkan Kesehatan Jantung


Daun kelor yang bersifat antioksidan dan anti radang ternyata dapat mengurangi bahaya oksidasi. Oksidasi adalah salah satu pemicu gangguan pada jantung.


7. Bermanfaat Bagi Wanita Menopause


Kadar antioksidan dalam tubuh wanita menopause akan menurun akibat berkurangnya produksi hormon estrogen. Maka daun kelor dipercaya dapat meningkatkan kadar antioksidan.


8. Memperkuat Tulang 


Daun kelor ternyata juga mengandung kalsium dan fosfor yang berguna untuk menjaga dan memperkuat tulang agar tetap sehat meski usia sudah renta.


9. Menjaga Kesehatan Mata


Antioksidan dalam daun kelor memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk kesehatan mata. Daun kelor bisa menjadi pereda gejala mata merah atau konjungtivitis yang disebabkan oleh alergi atau infeksi kuman.


10. Mengobati Anemia


Anemia atau kurang darah bisa terjadi jika tubuh kekurangan sel darah merah. Sel darah merah sendiri bisa meningkat jika tubuh menyerap zat besi lebih banyak.


Siapa sangka, daun kelor ternyata mengandung zat besi. Zat besi yang terdapat di dalam daun kelor dapat membantu mengobati bahkan mencegah anemia.


Akhir kata, manfaat daun kelor akan semakin terasa jika dikonsumsi secara rutin. Namun, ada baiknya jika konsultasikan lebih dulu kepada dokter Anda.

Posting Komentar