10 Manfaat Bunga Telang Ungu, Bisa untuk Kesehatan Kulit - Mytips.id

10 Manfaat Bunga Telang Ungu, Bisa untuk Kesehatan Kulit


Mytips.id Manfaat bunga telang ungu ternyata sangat banyak. Selain bentuk dan warnanya yang cantik, ia juga dikenal sebagai bunga yang kaya akan khasiat bagi kesehatan. 

Berdasarkan beberapa penelitian, bunga telang ungu bersifat antioksidan, antiinflamasi, antikanker, dan anti mikroorganisme. 


Jadi, apa saja khasiat dari bunga telang ungu? Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapat jika mengkonsumsinya.


1. Meningkatkan Kesehatan Kulit


Bunga telang ungu mengandung flavonoid yang bermanfaat untuk merangsang produksi kolagen sehingga dapat membantu menjaga elastisitas kulit.


2. Membantu Meredakan Asma


Menurut beberapa penelitian bunga telang ungu bersifat antiinflamasi. Sifat tersebut berguna untuk mengurangi peradangan, pembengkakan, dan produksi lendir di saluran udara bagi penderita asma.


3. Menurunkan Berat Badan


Beberapa riset menyatakan bahwa bunga telang ungu dapat mengurangi berat badan berlebih. Bagi kamu yang sedang diet, bunga telang ungu dapat menjadi solusi.


Ia mengandung unsur katekin yang gunanya untuk membakar lemak perut. Kalian bisa coba dengan menyeduhnya menjadi teh bunga telang ungu.


4. Meningkatkan Kesehatan Otak


Bunga telang ungu dikatakan bisa meningkatkan kadar asetilkolin, yaitu zat yang baik untuk kesehatan otak. 


Asetilkolin dalam beberapa penelitian telah terbukti mampu mencegah pikun dan meningkatkan daya ingat.


5. Menjaga Kadar Gula dalam Darah


Bunga telang ungu yang bersifat antioksidan dapat meminimalisir risiko penyakit diabetes. Maka dengan mengkonsumsinya, kadar gula dalam darah dapat terorganisir dengan baik.


6. Menjaga Mood atau Mengurangi Stres


Bunga telang ungu ternyata banyak sekali manfaatnya, termasuk dapat mengurangi stres. Ia dapat merelaksasi otot pembuluh darah halus sehingga aliran darah bisa lebih lancar.


7. Menjaga Kesehatan Rambut


Rambut rusak, rontok, dan berketombe memang menjadi masalah umum yang cukup mengganggu. 


Bunga telang ungu mengandung senyawa yang dapat memperkuat folikel rambut, mengurangi rambut rontok, hingga memperlambat tumbuhnya uban.


8. Mengobati Kanker


Selain meningkatkan kesehatan kulit, kandungan flavonoid yang ada dalam bunga telang ungu juga berpotensi sebagai anti kanker. 


Flavonoid dikatakan bisa menyebabkan sel kanker mati hingga 63,8 persen. Jadi, bunga telang ungu bisa menjadi ikhtiar bagi penderita kanker.


9. Menjaga Daya Tahan Tubuh


Bunga telang ungu bersifat antimikroba yang berguna untuk melindungi tubuh dari mikroorganisme penyebab penyakit. Ia dapat mencegah pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri dan jamur.


10. Menjaga Kesehatan Jantung


Para peneliti telah melakukan penelitian bahwa bunga telang ungu mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. 


Ia dapat mengatasi sejumlah penyakit jantung seperti pembekuan darah hingga serangan jantung.


Akhir kata, kira-kira demikian manfaat bunga telang ungu. Namun untuk memastikan keamanannya, kamu bisa konsultasikan dengan dokter.

Posting Komentar