Tips Memilih Bantal yang Baik Agar Tidur Lebih Berkualitas - Mytips.id

Tips Memilih Bantal yang Baik Agar Tidur Lebih Berkualitas


Mytips.id - Simak cara memilih bantal yang baik untuk tidur berikut ini untuk meningkatkan kualitas tidur. Dengan kualitas tidur yang baik, maka seseorang akan memiliki semangat dan sikap positif dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Sebagaimana diketahui, tidur menjadi salah satu kegiatan yang penuh manfaat. Selain untuk mengistirahatkan badan dan pikiran, tidur yang berkualitas juga bisa meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Tidur yang berkualitas juga akan berdampak pada mood, konsentrasi dan performa fisik seseorang.

Sementara untuk anak-anak, kualitas tidur akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan, sistem kekebalan tubuh, hingga kondisi psikis yang akan berpengaruh hingga dewasa.

Namun tak dapat dipungkiri bahwa beberapa orang merasa kesulitan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kualitas tidur seseorang terganggu.

Salah satu yang kerap dikeluhkan adalah posisi tidur hingga pemilihan alat-alat tidur yang keliru, termasuk bantal.

Meski terlihat sederhana, namun bantal menjadi salah satu aspek penting untuk menentukan kualitas tidur seseorang. Itulah mengapa, tak jarang kita temukan orang dengan keluhan salah bantal.

Saat memilih bantal, Anda harus mempertimbangkan banyak hal termasuk kekencangan, kelembutan, bahan, hingga sirkulasi udara yang baik. 

Tips Memilih Bantal agar Tidur Lebih Berkualitas

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tips memilih bantal yang baik agar tidur lebih berkualitas.

1. Pilih bantal yang sesuai dengan posisi tidur Anda

Pada dasarnya, memilih bantal disesuaikan dengan gaya dan posisi tidur seseorang. Sebab terkadang, beberapa bantal dibuat khusus untuk orang dengan posisi tidur tertentu. 

Untuk Anda yang sering tidur terlentang, maka Anda memerlukan bantal yang cenderung tipis atau setidaknya bantal yang bisa menipis.

Sebab untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, posisi kepada setidaknya harus sejajar dengan badan. Oleh sebab itu, hindari memilih bantal yang tebal sehingga membuat kepala lebih tinggi dari badan.

Posisi tidur terlentang dengan kepala lebih tinggi dari badan dikhawatirkan membuat tulang punggung bengkok sehingga menyebabkan bungkuk pada seseorang.

Sementara untuk orang yang memiliki gaya tidur menyamping, maka pilih bantal yang sedikit tebal agar posisi kepala dan badan tetap sejajar. Hal berbeda apabila posisi tidur Anda tengkurap.

Orang dengan posisi tidur tengkurap membutuhkan bantal yang rata agar mendapatkan tidur yang berkualitas setiap malamnya.

2. Pilih bantal dengan bahan yang bagus dan berkualitas

Tips kedua memilih bantal agar mendapatkan tidur berkualitas adalah masalah bahan. Di pasar saat ini, bantal dibuat dengan bahan yang berbeda-beda.

Berikut jenis-jenis bantal berdasarkan bahannya:

a. Bantal bulu angsa

Sesuai dengan namanya, bantal bulu angsa merukapan bantal yang dibuat menggunakan bulu-bulu halus dari hewan angsa. Bantal ini memang lembut dan nyaman, akan tetapi memerlukan perawatan yang mahal.

b. Bantal kapuk

Bantal kapuk menjadi salah satu pilihan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Memang, bantal dengan bahan kapuk cukup lembut dan nyaman untuk tidur.

Akan tetapi, bantal dengan bahan kapuk tidak awet. Kapuk yang digunakan sebagai bahan utama, tidak dapat mempertahankan bentuknya sehingga akan menjadi keras seiring waktu.

Selain itu, kapuk juga mudah terbakar dan serat halusnya terkadang menimbulkan alergi bagi pemakainya.

c. Bantal Lateks

Bantal dengan bahan lateks juga menjadi pilihan yang bagus. Akan tetapi, Anda memerlukan usaha ekstra untuk mendapatkan bahan lateks alami. Sebab hanya lateks alami tidak mengandung kimia. 

d. Bantal Microfiber

Bantal dengan bahan microfiber bisa menjadi pilihan yang paling pas buat Anda yang ingin mendapatkan tidur berkualitas. Bantal dengan bahan microfiber dapat dicuci dan tersedia dalam berbagai ukuran

Microfiber, pada dasarnya merupakan bahan sintetis, terdiri dari serat yang sangat halus. Bahan ini terbuat dari poliester, poliamida atau gabungan keduanya.

Karena dibuat dari serat sintetis ultra halus, bantal dengan bahan ini memiliki kesan mewah tanpa mengurangi kenyamanan.

Bantal dengan bahan microfiber juga tidak mudah berubah bentuk dan menjadi keras. Bantal jenis ini juga sudah terbukti tahan terhadap tungau, debu dan allergen.

Rekomendasi Bantal yang Baik untuk Tidur Berkualitas

Contoh bantal microfiber yang bisa meningkatkan kualitas tidur Anda adalah bantal Microfiber Pillow dari Domibed.

Bahan Premium Korean Microfiber dari Domibed memberikan rasa empuk seperti bantal bulu angsa dan dirancang dengan sistem Gusset yaitu dengan 2 kali penjahitan untuk memberikan efek lebih tebal dan lebih berisi.



Beberapa kelebihan bantal Domibed adalah:

  • Kain cover microtex yang lembut, nyaman dan tidak mudah kotor.
  • Bantal tidak mudah kempes sehingga awet.
  • Cocok untuk segala posisi tidur
Bantal dari Domibed menjadi salah satu rekomendasi bantal yang baik untuk tidur lebih berkualitas.

Posting Komentar