Profil Edward Tirtanata, Pendiri Kopi Kenangan yang sudah Cuan Rp1,6 Miliar - Mytips.id

Profil Edward Tirtanata, Pendiri Kopi Kenangan yang sudah Cuan Rp1,6 Miliar



Mytips.id - Berikut adalah profil Edward Tirtanata yang mungkin sedang Anda cari.

Pada usia yang masih muda, Edward Tirtanata berhasil mengubah cintanya terhadap kopi menjadi sebuah bisnis yang sukses dengan pendapatan mencapai US$100 juta per tahun.

Bisnis Kopi Kenangan miliknya, yang didirikan pada tahun 2017, telah berhasil mencatatkan pendapatan hingga US$100 juta atau sekitar Rp1,6 triliun pada tahun 2023. 

Kopi Kenangan, di bawah naungan Kenangan Brands, menjadi perusahaan FnB pertama yang meraih status Unicorn, dengan nilai lebih dari US$1 miliar dan memiliki 800 cabang tidak hanya di Indonesia tetapi juga di berbagai negara di Asia Tenggara.

Sosok Edward Tirtanata

Di balik kesuksesan Kopi Kenangan, terdapat sosok Edward Tirtanata (35), yang berasal dari keluarga pengusaha dan telah menggeluti dunia bisnis sejak masa kuliah. 

Setelah menyelesaikan pendidikannya di Northeastern University di Boston, AS pada tahun 2007, Edward memulai bisnisnya dengan menjual kartu Pokemon dan bot gaming kepada teman-temannya. 

Setelah kembali ke Indonesia setelah lulus, Edward membantu bisnis keluarganya di sektor sumber daya alam sebelum akhirnya memutuskan untuk mendirikan bisnisnya sendiri di bidang konsumsi.

Setelah beberapa upaya bisnis tidak membuahkan hasil seperti yang diharapkan, Edward bertemu dengan teman lamanya, James Pranoto, yang membantunya memutuskan untuk beralih ke bisnis kopi. Dari sinilah muncul ide Kopi Kenangan pada tahun 2017. 

Dengan modal seadanya sebesar Rp150 juta, sebagian besar di antaranya dialokasikan untuk mesin kopi, Edward kemudian memulai bisnis Kopi Kenangan dengan konsep grab-and-go untuk outlet-outlet pertamanya.

Berkembang

Konsep ini memungkinkan Kopi Kenangan berkembang pesat dengan membuka lebih dari 200 gerai di 10 kota di Indonesia hanya dalam dua tahun beroperasi. 

Bisnis Kopi Kenangan semakin berkembang dan sukses, hingga akhirnya mampu meraih pendanaan besar, memiliki ratusan gerai di Indonesia, serta lima gerai di Malaysia dan Singapura dengan nama Kenangan Coffee.

Meskipun menghadapi tantangan awal dengan modal terbatas, Edward mengaku bahwa Kesuksesan Kopi Kenangan tak lepas dari strategi yang mereka jalankan. 

Dengan membuka gerai pertamanya di Menara Standard Chartered, Kuningan, Jakarta Selatan, Kopi Kenangan dapat menjual 700 gelas kopi dalam sehari pada hari pertama pembukaan. Selain itu, Edward juga berencana untuk membawa Kopi Kenangan berekspansi ke Amerika Serikat.

Dengan tekad dan passion untuk menghasilkan kopi berkualitas terbaik, Edward Tirtanata telah membuktikan bahwa seorang pebisnis muda sekalipun mampu mengubah hobi menjadi sebuah bisnis yang sukses dan memberikan dampak positif bagi masyarakat, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di berbagai negara di Asia Tenggara. 

Melalui Kopi Kenangan, Edward telah menginspirasi banyak orang untuk berani bermimpi dan menggapai kesuksesan dalam bisnis.

Posting Komentar