Kenali Penyebab Jerawat di Jidat dan Cara Pengobatannya - Mytips.id

Kenali Penyebab Jerawat di Jidat dan Cara Pengobatannya

Ilustrasi Jerawat di Jidat/Pixabay

Mytips.id - Jerawat di jidat menjadi salah satu masalah yang kerap dijumpai oleh pria dan wanita dari segala usia. 

Akan tetapi, usia 15-35 tahun menjadi golongan yang paling sering diterpa masalah jerawat, baik di wajah, jidat atau lokasi lainnya di tubuh.

Secara umum, jerawat tidak selalu menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Akan tetapi, jerawat terkadang dianggap membuat penampilan seseorang tidak menarik. Apalagi, jika jerawat muncul di jidat, bagian tubuh yang sering dilihat orang.

Jerawat di jidat berkembang ketika kelenjar tepat di bawah kulit jidat tersumbat oleh sebum (minyak), bakteri, dan/atau sel kulit mati.

Meski demikian, beberapa orang bertanya-tanya, apa yang menyebabkan banyak jerawat tumbuh di jidat. Sebab terkadang, jerawat di jidat juga muncul meski seseorang sudah rutin membersihkan wajah.

Artikel ini akan membahas secara lengkap tentang penyebab jerawat di jidat yang jarang disadari oleh seseorang, lengkap dengan bagaimana cara mengobatinya.

Penyebab Jerawat di Jidat

Meski seseorang sudah secara rutin membersihkan wajahnya, namun beberapa hal berikut ini juga menjadi pemicu munculnya jerawat di jidat.

1. Karena poni

Poni menjadi gaya rambut yang banyak disukai oleh masyarakat. Namun tahukah Anda, poni bisa menyebabkan munculnya jerawat di jidat.

Seperti halnya rambut, poni juga bisa kotor karena berbagai hal, termasuk karena debu jalanan atau karena Anda tidak rutin keramas.

Debu dan kotoran yang ada pada poni ini bisa berpindah ke kulit jidat dan menyebabkan jerawat tumbuh di jidat Anda.

Ada dua solusi untuk mengatasi hal ini, pertama adalah Anda harus telaten membersihkan poni sehingga kotorannya tidak pindah ke jidat.

Sementara solusi kedua yakni dengan tidak memilih gaya rambut berponi untuk menghindari timbulnya jerawat di jidat.

2. Pengaruh hormon

Penyebab kedua adalah hormon. Secara khusus, peningkatan hormon androgen seringkali menyebabkan kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) membesar dan memproduksi lebih banyak minyak.

Inilah yang pada akhirnya akan membuat munculnya jerawat di wajah, khususnya di jidat.

Apalagi, jidat adalah T-zone di mana pori-pori pada bagian ini lebih besar sehingga memproduksi minyak lebih banyak.

Akan tetapi, jerawat yang berkaitan dengan hormon biasanya tidak akan berlangsung lama.

Ketika hormon Anda sudah stabil, maka jerawat yang muncul perlahan akan menghilang dengan sendirinya.

3. Iritasi kulit

Iritasi kulit juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat di jidat. Iritasi sendiri bisa disebabkan oleh bermacam-macam hal.

Pertama adalah keringat yang terperangkap, salah memilih kosmetik, salah memilih aksesoris kepala, seperti topi, pelindung mata, atau ikat kepala, dan sebagainya.

4. Pengaruh obat-obatan tertentu



Penyebab lain yang bisa menyebabkan jerawat di jidat adalah pengaruh dari obat-obatan tertentu.

Dewasa ini, Anda perlu berhati-hati dalam memilih obat atau kosmetik tertentu. Sebab kosmetik yang cocok untuk orang lain belum tentu cocok di kulit Anda.

Pilih obat atau kosmetik yang ramah terhadap kulit berminyak. Sebab diketahui, orang yang berjerawat biasanya memproduksi minyak berlebih.

Oleh sebab itu, Anda harus pandai-pandai memilih obat yang tidak menyebabkan bertambahnya produksi minyak di kulit Anda.

Cara mengobati jerawat di jidat

1. Rutin cuci muka dan jangan tutupi jidat Anda

Cuci muka bermanfaat untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada kulit. Cuci muka juga bisa membuat kulit Anda lebih bisa bernapas.

Selain cuci muka, disarankan untuk tidak sering menutupi jidat dengan poni, topi atau ikat kepala. Sebab apabila ternyata ketiganya kotor, maka hal tersebut akan membuat jerawat secara perlahan muncul di jidat.

2. Kelola stres dengan baik

Jika jerawat yang muncul disebabkan karena hormon, maka Anda perlu belajar tentang mengelola stres.

Dengan demikian, maka Anda akan lebih tenang dalam menjalani kehidupan. Imbasnya, fisik Anda bisa lebih sehat sehingga tidak memunculkan berbagai masalah seperti jerawat.

3. Ganti obat dan kosmetik

Sementara apabila penyebab munculnya jerawat di jidat Anda karena obat dan kosmetik, ada baiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk menggantinya.

Pilih obat dan komestik dengan bahan alami yang sudah terbukti ampuh membasmi jerawat. Salah satunya adalah Sido Muncul Herbal Aluss.



Sido Muncul Herbal Aluss dibuat dengan bahan-bahan alami yang bermanfaat bagi kulit Anda, termasuk untuk mengatasi jerawat yang kerap muncul di jidat.

Bahan alami yang menjadi komposisi Sido Muncul Herbal Aluss antara lain Curcuma xanthorrhiza Rhizoma. 

Curcuma xanthorrhiza Rhizoma merupakan nama latin dari Temulawak yang sudah sejak dulu dipercaya bisa menyehatkan kulit.

Kesimpulan 

Jerawat di jidat bisa disebabkan oleh berbagai macam hal termasuk poni, aksesoris yang menutup jidat, hormon hingga obat-obatan yang salah.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengonsumsi obat-obatan yang berasal dari bahan alami. Sido Muncul Herbal Aluss menjadi solusi yang bisa Anda pertimbangkan.

Sido Muncul merupakan brand obat tradisional kebanggaan Indonesia yang memproduksi berbagai obat herbal. 

Posting Komentar