Tips Memilih Kursi Kereta Api agar Perjalanan Tidak Mual - Mytips.id

Tips Memilih Kursi Kereta Api agar Perjalanan Tidak Mual


Mytips.id - Perjalanan dengan menggunakan kereta akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan apabila Anda memilih tempat duduk dengan baik. 

Terutama bagi Anda yang sulit merasa nyaman saat duduk di kursi yang membuat kereta berjalan mundur. Ada beberapa tips memilih tempat duduk di kereta yang dapat Anda ikuti agar dapat menghindari hal tersebut.

Tips Memilih Tempat Duduk Kereta

Untuk memastikan kenyamanan Anda selama perjalanan, sangat penting untuk memilih tempat duduk dengan hati-hati. Terutama ketika melakukan perjalanan jarak jauh dan memakan waktu yang cukup lama. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam memilih tempat duduk yang tepat di kereta:

1. Ketahui Jenis Kelas Kereta

Pertama-tama, pastikan untuk mengetahui jenis kelas kereta yang akan Anda gunakan. Setiap kelas kereta memiliki model tempat duduk yang berbeda. Pahami model tempat duduk di setiap kelas agar Anda dapat memilih tempat duduk yang sesuai.

2. Gunakan Rumus Ganjil Genap

Anda dapat menggunakan rumus ganjil genap sebagai panduan dalam memilih tempat duduk di kereta. Jika Anda melakukan perjalanan ke arah timur, pilihlah kursi dengan nomor ganjil. Sedangkan jika perjalanan Anda menuju barat, pilihlah kursi dengan nomor genap. Rumus ini telah terbukti efektif bagi sebagian penumpang kereta.

3. Pilih Angka Besar dan Kecil

Selain rumus ganjil genap, Anda juga dapat memilih tempat duduk berdasarkan angka besar dan kecil. Jika perjalanan Anda ke arah timur, disarankan memilih kursi dengan nomor besar (di atas 12). Namun, jika perjalanan ke arah barat, lebih baik memilih kursi dengan nomor kecil.

4. Hindari Kursi dekat Sambungan Gerbong

Disarankan untuk menghindari kursi yang berdekatan dengan sambungan gerbong karena posisi ini tidak nyaman karena dekat dengan toilet dan sering dilewati orang. Saat memesan tiket secara online, pastikan untuk melihat denah tempat duduk agar dapat menghindari kursi tersebut.

5. Pilih Gerbong Tengah

Memilih tempat duduk di gerbong tengah dapat memudahkan Anda saat turun dari kereta, karena gerbong tengah biasanya berhenti lebih dekat dengan pintu keluar stasiun. Hal ini tidak hanya mempermudah saat turun kereta, tetapi juga saat naik kereta.

6. Duduk Dekat Gerbong Restorasi

Jika perjalanan Anda cukup panjang, disarankan untuk memilih tempat duduk yang dekat dengan gerbong restorasi agar lebih mudah saat lapar atau haus. Ini akan memudahkan Anda untuk mencapai tempat makan tanpa harus melewati banyak gerbong.

7. Jangan Pergi Sendirian

Jika Anda masih belum terbiasa bepergian dengan kereta, sebaiknya tidak pergi sendirian. Ajak teman atau keluarga untuk bersama-sama bepergian sehingga jika terjadi masalah dengan tempat duduk, Anda dapat bertukar dengan mereka untuk sementara waktu.

8. Minta Saran Orang Lain

Tidak ada salahnya untuk meminta saran dari orang lain, terutama mereka yang sering bepergian dengan kereta. Anda dapat mendapatkan informasi tentang tempat duduk yang paling nyaman dari pengalaman mereka.


Posting Komentar