Ngeri! Ternyata Begini Kronologi Kecelakaan KA Turangga dan KA Bandung Raya, 3 Orang Meninggal Dunia - Mytips.id

Ngeri! Ternyata Begini Kronologi Kecelakaan KA Turangga dan KA Bandung Raya, 3 Orang Meninggal Dunia

Mytips.id - Tabrakan antara Kereta Api (KA) Turangga jurusan Surabaya-Gubeng Bandung dan KA Lokal Padalarang-Cicalengka pagi ini, Jumat (5/1/2024), menyebabkan tiga orang meninggal dunia

. Kejadian ini terjadi pukul 06.03 WIB di Kampung Babakan DKA Desa Cikuya, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, tepatnya di KM 181 + 5/4.

Kereta yang terlibat dalam tabrakan adalah KA Turangga dengan nomor lokomotif CC 206 13 97, yang berangkat dari Surabaya-Gubeng menuju Bandung, dan KA Lokal Padalarang-Cicalengka dengan nomor KA 350. 

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengkonfirmasi bahwa kecelakaan ini mengakibatkan gangguan dalam perjalanan kereta api di daerah tersebut.

"Jalur rel antara Haurpugur – Cicalengka untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut. KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 kereta yang mengalami musibah tersebut," kata EVP of Corporate Secretary KAI, Raden Agus Dwinanto Budiadji, seperti dikutip dari siaran pers.

Selanjutnya, KAI akan melakukan evakuasi dua rangkaian kereta api yang terlibat dalam kecelakaan ini, serta memperbaiki jalur rel yang mengalami kerusakan. 

Bagi perjalanan kereta api yang akan melintas di wilayah Haurpugur – Cicalengka, KAI akan melakukan rekayasa pola operasi dengan mengalihkan jalur menggunakan angkutan lain.

KAI juga akan bekerja sama dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk melakukan investigasi dan mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan ini.

 Informasi lebih lanjut mengenai kejadian ini akan disampaikan pada kesempatan selanjutnya.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Ibrahim Tompo, tiga orang yang meninggal dunia dalam kecelakaan ini adalah Masinis KA Lokal Padalarang-Cicalengka, Asisten Masinis KA Lokal Padalarang-Cicalengka, dan Pramugara KA Turangga.

Sementara itu, terdapat 28 orang yang luka-luka dan telah dievakuasi ke RSUD Cicalengka. Kapasitas kedua kereta api tersebut adalah 287 penumpang untuk KA Turangga dan 191 penumpang untuk KA Lokal Padalarang-Cicalengka.

Namun, belum ada informasi mengenai dugaan penyebab dari kecelakaan ini.

"Sementara dilaporkan perkembangan lanjut dilaporkan kembali," demikian bunyi pesan yang diterima.

Kecelakaan ini merupakan tragedi yang menyedihkan dan memprihatinkan. Kami berharap agar para korban yang meninggal dunia dapat diberikan ketenangan dan keluarga mereka mendapatkan kekuatan dalam menghadapi cobaan ini. 

Kami juga berharap agar para korban yang luka-luka dapat pulih dengan cepat. Semoga KAI dapat segera menyelesaikan evakuasi dan perbaikan jalur rel agar perjalanan kereta api dapat kembali normal.

Posting Komentar