Doa Sebelum Mulai Belajar, Lengkap dengan Latin dan Artinya - Mytips.id

Doa Sebelum Mulai Belajar, Lengkap dengan Latin dan Artinya

 


Mytips.id - Berikut adalah bacaan doa sebelum mulai belajar yang wajib buat kamu hafalkan. Mengetahui doa ini akan memudahkanmu dalam melakukan kegiatan belajar.

Dalam Islam, umat Muslim dianjurkan untuk selalu memanjatkan doa kepada Allah dalam hal apa saja. Bukan hanya saat ibadah salat wajib, tetapi juga dianjurkan berdoa setiap hendak melakukan berbagai kegiatan. Salah satunya berdoa sebelum mulai belajar.

Belajar, baik sendiri atau di sekolah, merupakan salah satu aktivitas positif. Akan tetapi terkadang, belajar membuat seseorang malas.

Biasanya rasa malas ini karena ada bujukan setan yang ingin menghambat manusia menuju kebaikan.

Bagi para pelajar yang hendak memulai pelajaran di sekolah, sebaiknya didahului dengan membaca doa terlebih dahulu

Berikut adalah beberapa bacaan doa sebelum belajar yang bisa kamu baca, lengkap dengan artinya:

Bacaan 1:

Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin

Artinya: 'Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang saleh.”

Bacaan 2:

Allahummanfa'ni bima 'allamtani wa 'allimni ma yanfa'uni wa zidni 'ilman walhamdulillahi 'ala kulli halin.

Artinya: “Ya Allah, berilah kemanfaatan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan pada saya. Berilah saya ilmu yang bermanfaat dan tambahkanlah ilmu pada saya. Segala puji bagi Allah dalam setiap waktu.”

Bacaan 3:

Allahumma akhrijnaa min dhulumaatil wahmi, wa akrimnaa binuuril fahmi, waftah 'alainaa bima'rifatil ilmi, wasahhil lanaa abwaaba fadhlika yaa arhamar raahimin.

Artinya: 'Ya Allah, keluarkanlah kami dari gelapnya keraguan, dan muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman. Bukakanlah untuk kami dengan kemakrifatan ilmu dan mudahkanlah pintu karunia-Mu bagi kami, wahat Zat yang Maha Pengasih.'

Selain bacaan doa sebelum belajar, ada baiknya kamu juga mengerti bagaimana doa setelah belajar.

Doa setelah belajar

Bismillaahir rohmaanir rohiim, allahumma innis tauda'tuka maa qoro'tuhu wa maa hafidzhtuhu wa maa fahimtuhu fardudhu ilayya 'inda haajatii ilaih.

Artinya: 'Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, sesungguhnya aku titipkan kepada-Mu apa yang aku telah membacanya, apa yang aku telah menghafalnya dan apa yang aku telah memahaminya. Maka kembalikanlah kepadaku bila sewaktu-waktu aku membutuhkannya.'

Posting Komentar