Tak Banyak yang Tahu, Ini Cara Mengambil Uang di Rekening Orang yang Sudah Meninggal - Mytips.id

Tak Banyak yang Tahu, Ini Cara Mengambil Uang di Rekening Orang yang Sudah Meninggal


Mytips. id - Ada 3 cara mengambil uang di rekening orang yang sudah meninggal. Jangan salah, meski orang yang memiliki rekening sudah meninggal, uang yang ada di rekening yang bersangkutan tetap bisa diambil.

Bahkan, ada undang-undang secara khusus yang mengatur hal tersebut, yaitu UU nomor 10 tahun 1998. Tanpa berlama-lama lagi, berikut 3 cara mengambil uang di rekening orang yang sudah meninggal.

1. Datang ke Bank 

Ahli waris yang sah bisa datang langsung ke bank untuk mengambil uang yang berada di rekening orang yang sudah meninggal. Agar proses pencairan uang tidak bermasalah, pastikan semua syarat terpenuhi.

Syarat yang harus dipenuhi oleh ahli waris adalah KTP pemilik rekening, KTP ahli waris dan seluruh ahli waris, surat keterangan ahli waris dan seluruh ahli waris yang sah, fotocopy KK, dan fotocopy surat nikah.

Selain itu, jangan lupa bawa surat kematian dari kelurahan. Jika pemilik rekening meninggal di rumah sakit, maka surat kematikan bisa dari rumah sakit atau kepolisian jika meninggal karena kecelakaan.

2. Lewat ATM

Cara kedua yang bisa dicoba untuk mengambil uang di rekening orang yang sudah meninggal adalah lewat ATM. Namun, ada beberapa hal yang harus dipastikan lebih dulu jika ingin memakai cara yang ini.

Hal yang harus diperhatikan adalah pastikan ATM atau rekening belum diblokir dan password ATM sudah diketahui. Jika ATM diblokir dan password tidak diketahui, maka cara yang kedua ini tidak bisa dipakai.

3. Lewat Mobile Banking 

Cara terakhir yang bisa dicoba untuk mengambil uang di rekening orang yang sudah meninggal adalah lewat mobile banking. Di era digital seperti sekarang ini, banyak nasabah bank memakai mobile banking. 

Hampir sama dengan yang lewat ATM, jika ingin mengambil uang di rekening orang yang sudah meninggal dengan cara ini, pastikan lebih dulu bahwa pemilik rekening sudah memakai mobile banking.

Selain itu, pastikan juga bahwa password dan PIN transaksi sudah diketahui. Jika ketiga hal tersebut terpenuhi, maka uang yang ada di rekening orang yang sudah meninggal bisa dialihkan dan diambil.

Demikian cara mengambil uang di rekening orang yang sudah meninggal. Cara yang cukup mudah untuk mengambil uang di rekening orang yang sudah meninggal adalah lewat mobile banking atau lewat ATM.

Posting Komentar