Niat dan Tata Cara Berkurban, Menggapai Kebaikan Hari Raya Idul Adha - Mytips.id

Niat dan Tata Cara Berkurban, Menggapai Kebaikan Hari Raya Idul Adha


Mytips.id - Niat dan tata cara berkurban sangat penting bagi umat muslim yang menjalankannya. Bukan hanya tentang menyembelih hewan sebagai tanda pengorbanan, tetapi melibatkan keikhlasan dan ketulusan dari hati.

Setiap tahun pada 10 Dzulhijjah, umat muslim di seluruh dunia merayakan Hari Raya Idul Adha dengan berkurban hewan ternak, seperti sapi atau kambing bagi yang mampu sebagai bagian dari pengabdian kepada Allah SWT.

Memahami Niat dan Tata Cara Berkurban

Sebelum memulai pelaksanaan kurban, seorang Muslim harus memiliki niat yang jelas dan ikhlas untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT serta mengikuti teladan Nabi Ibrahim AS.

Hukum berkurban adalah sunnah yang apabila dilaksanakan akan mendapatkan pahala. Seorang muslim yang ingin berkurban dipastikan telah memenuhi kewajiban nafkah kepada dirinya dan juga keluarga.

Selain itu. orang yang berniat kurban dianjurkan sudah memasuki usia baligh dan juga berakal sehat.

Jika syarat sudah terpenuhi, yakni muslim, mampu, baligh, dan berakal sehat maka ibadah kurban dapat dilaksanakan.

Niat dan Tata Cara Berkurban Menurut Syariat Islam

Berikut ini tata cara berkurban yang umum dilakukan oleh umat muslim berdasarkan syariat islam.

1. Memilih Hewan Kurban

Hewan yang umum dijadikan kurban adalah sapi, kambing, atau domba. Kondisi fisiknya harus sehat, bebas dari cacat fisik, dan usia mencukupi.

2. Niat Berkurban

Niatkan dalam hati bahwa hewan yang akan dikurbankan adalah sebagai ibadah kepada Allah SWT. Niat ini harus murni dilakukan karena Allah semata.

Niat berkurban dalam hati, "Nawaitu al-udhiyata bi syaatin lillahi ta’ala”.

3. Pelaksanaan Penyembelihan

Sembelih hewan kurban dengan cara yang benar. Tempatkan hewan dalam posisi yang tepat, yakni menghadap ke kiblat.

Mengucapkan basmallah tujuannya meminta kemudahan dan keberkahan dari Allah SWT. Membaca takbir dan tahmid sebanyak tiga kali dan melafalkan doa berkurban, "Allahumma hadzihi minka wa ilaika, fataqabbal minni ya karim."

Pastikan penyembelihan dilakukan dengan pisau yang tajam agar hewan tidak mengalami penderitaan yang berlebihan.

4. Pembagian daging Kurban

Setelah penyembelihan selesai, hewan kurban akan dibagi menjadi tiga bagian. Satu bagian untuk keluarga, satu bagian untuk kerabat dan tetangga, dan satu bagian untuk orang-orang yang membutuhkan.

Bagian yang diberikan kepada orang yang membutuhkan dapat disalurkan melalui lembaga amil zakat atau lembaga amal resmi lainnya.

Menyedekahkan hewan kurban di hari raya Idul Adha sangat bernilai bagi umat muslim. Melaksanakan niat dan tata cara berkurban merupakan jalan mendapatkan ridho kepada Allah SWT.

Posting Komentar