Tips Menyapih Anak dengan Cinta, Ibu Muda Wajib Tahu - Mytips.id

Tips Menyapih Anak dengan Cinta, Ibu Muda Wajib Tahu

Mytips.id - Menyusui adalah salah satu proses alami yang dilalui seorang ibu. Berikut ini adalah tips menyapih anak dengan cinta.

Proses menyusui anak memang menjadi tantangan berat, namun proses ini juga menjadi salah satu hal yang bisa membantu bonding antara ibu dan anak.

Biasanya menyusui ini bisa terjadi hingga anak berusia 2 tahun, namun bisa kurang dari itu.

Nah, buat moms yang sudah menjalani proses menyusui dan sedang ingin menyapih, berikut ini tips mudah yang bisa dilakukan! 

Tanda Seorang Anak Siap Disapih

Sebelum ke tipsnya, moms harus mengetahui tanda anak ingin berhenti menyusui, ya. Tandanya antara lain. 

  • Anak rewel saat menyusu

  • Menyusu hanya sebentar 

  • Menggigit payudara 

  • Tidak fokus saat menyusu

Tips Menyapih Anak

1. Kurangi durasi menyusui secara perlahan

Menyapih anak perlu waktu moms, jangan terburu-buru. Moms bisa kurangi durasi waktu menyusui secara perlahan terlebih dahulu.

Contohnya, anak biasanya menyusu 6 kali sehari moms bisa kurangi 4-5 kali dalam sehari. Siapkan waktu beberapa minggu atau bulan untuk melakukannya.

2. Biarkan anak melakukan transisi 

Saat baru menyapih mungkin anak kehilangan aktivitas yang biasa dia lakukan, jadi saat anak tiba-tiba melakukan hal lain seperti menghisap jempol, moms tidak perlu melarangnya.

Karena anak butuh transisi, saat dirasa sudah cukup waktu, moms boleh kok untuk meminta anak tidak lagi menghisap jempol.

3. Tambahkan porsi makan 

Saat anak meminta menyusu biasanya karena ia merasa lapar atau haus. Moms bisa tambahkan porsi makan dan minumnya. Lakukan secara perlahan dengan porsi yang kecil, ya moms!

4. Kenali dengan botol dan cangkir 

Tips selanjutnya adalah dengan mengenalkan anak minum dengan menggunakan cangkir ataupun botol. Katakan pada anak bahwa dia sudah cukup besar dan sudah boleh minum dengan gelas atau botol susu.

5. Mengompres dan memompa payudara 

Jika saat menyapih payudara moms terasa keras, jangan dibiarkan, ya! Coba kompres dengan air es. Atau moms bisa memompa tidak lebih dari 4 menit, agar payudara moms kembali nyaman. 

Itu dia tips menyapih anak yang bisa dilakukan. Ingat ya, semua harus melewati proses dan bertahap, tidak perlu buru-buru ya, moms!

 
 
Posting Komentar