5 Makanan Penyehat Otak, Lebih Baik Dikonsumsi Sejak Dini - Mytips.id

5 Makanan Penyehat Otak, Lebih Baik Dikonsumsi Sejak Dini


Mytips.id - Berikut adalah makanan penyehat otak yang perlu kamu konsumsi sejak dini.

Seperi diketahui, tubuh manusia mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. 

Salah satu efeknya adalah penurunan fungsi otak serta kemampuan daya ingat. Oleh karena itu, kamu perlu memperlambat proses penuaan serta menjaga fungsi otak. 

Nah, ada beberapa makanan penyehat otak, lho. Berikut adalah penjelasannya:

Tiga vitamin penyehat otak

Pada dasarnya ada tiga nutrisi yang menjadi komponen utama untuk menyehatkan otak, sebagai berikut:

1. Vitamin B kompleks

Vitamin B menunjang kesehatan sistem saraf dan otak, bahkan dibutuhkan untuk menghasilkan zat kimia pada otak atau neurotransmitter. Zat ini berperan sebagai pengantar sinyal pada saraf dan membantu tubuh menggunakan energi.

2. Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan yang baik dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan otak. Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa orang yang rutin mengonsumsi vitamin ini akan mempunyai kemampuan kognitif serta daya ingat yang baik.

3. Vitamin E

Vitamin E dengan dosis tertentu bisa membantu memelihara kesehatan otak, menjaga daya ingat, meningkatkan kemampuan berpikir, dan meringankan gejala Alzheimer, serta mengurangi risiko penyakit stroke.

Makanan yang baik untuk otak

Asupan makanan penyehat otak bisa didapatkan dari makanan sehat berikut :

1. Ikan

Ikan mengandung omega-3 yang merupakan 60% bagian dari otak. Otak menggunakan omega-3 untuk membangun sel saraf di otak yang penting untuk proses belajar dan mengingat. Sumber omega-3 yang baik terdapat dalam ikan kembung, salmon, sarden, dan tuna.

2. Kunyit

Kunyit mengandung antioksidan dan anti radang yang bisa meningkatkan daya ingat, serta bisa membantu pertumbuhan sel otak.

3. Blueberi

Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang sering mengonsumsi buah ini mempunyai daya ingat yang baik dan berisiko lebih kecil mengalami penurunan daya pikir. Dalam buah ini sendiri terkandung antioksidan yang berperan mengurangi peradangan dan stress oksidatif yang bisa menurunkan kinerja otak.

4. Teh hijau

Teh hijau bisa meningkatkan kemampuan otak dalam berkonsentrasi dan mengingat. Sebab, kandungan asam amino L-theanine di dalamnya membantu mengaktifkan bagian otak yang berperan memfokuskan perhatian.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung lemak baik, vitamin E, antioksidan, dan protein. Sehingga makanan ini bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan membantu mengurangi efek kerusakan karena penuaan.

Buat kamu yang sering mengeluh tidak bisa berkonsentrasi dalam belajar, pelupa, dan lainnya tentang otak perlu mengonsumsi ini, nih. Makanan penyehat otak yang wajib konsumsi untuk mencegah penuaan dan kerusakan otak. Makanan mana, nih, yang sudah sering kamu konsumsi.

 

Posting Komentar