Mau Dapat Mobil Bekas Berkualitas Impian? Intip Tips Penting Ini ! - Mytips.id

Mau Dapat Mobil Bekas Berkualitas Impian? Intip Tips Penting Ini !


Mytips.id - Ingin punya mobil tapi terkendala budget (anggaran) kadang memaksa seseorang untuk mengambil alternatif cara lain yakni kredit mobil.

Butuh pertimbangan dan kalkulasi yang cerdas untuk kredit mobil, mulai uang muka yang perlu dipersiapkan hingga besar cicilan dengan waktu yang ditentukan serta prediksi hal-hal terduga, seperti kehilangan pekerjaan karena suatu alasan tempat bekerja dan alasan lainnya.

Oleh karenanya, solusi yang tepat bagi kamu yang ingin memiliki mobil tapi tidak perlu kredit adalah membeli mobil bekas berkualitas.

Untuk memperoleh mobil impian kamu perlu memperhatikan beberapa tips  memilih mobil bekas ini, antaranya

1. Budgeting

Umumnya ada dua 3 skema pembelian mobil bekas antaranya beli tunai, kredit dan over kredit. Masing-masing skema memiliki plus minus. Namun, sangat disarankan lebih baik membeli tunai. Walaupun kamu perlu menabung terlebih dahulu dan membutuhkan waktu cukup lama, lebih baik demikian karena membeli tunai lebih kecil risiko ketimbang kredit dan over kredit

2. Survei Langsung

Sebelum kamu memutuskan membeli mobil bekas, baiknya lakukan survei ketersediaan mobil langsung ke tempat atau dealer. Hal ini untuk menghindari hal-hal merugikan seperti penipuan.

3. Teliti Penjual

Saat kamu akan membeli mobil tentu yang di utamakan kualitas. Kualitas mobil bekas akan terjaga jika dirawat dengan baik. Biasanya rekam jejak pemilik mobil bekas menjadi parameter yang cukup penting. Olehnya kamu perlu tahu hal Ini.

4. Cek Kondisi Eksterior Mobil

Sebelum deal dengan penjual, kamu perlu memeriksa kondisi mobil bekas ini.

Beberapa bagian penting yang kamu periksa dari mobil bekas antaranya body mobil, mesin mobil, aki dan cairan mobil, suspensi, ban mobil dan kampas rem mobil.

5. Kelengkapan Aksesoris dan Interior Mobil

Jangan lupa juga memeriksa kondisi interior mobil diantaranya AC, sistem audio dan switch lampu, serta pastikan semua fitur interior dapat berfungsi dengan baik, seperti sabuk pengaman

6. Performa Mesin

Perlu diingat mesin merupakan komponen paling penting dari mobil bekas sehingga perlu dilakukan pengecekan yang detail. Komponen mesin lainnya juga harus diteliti, contoh kebocoran oli pada mesin.

7. Riwayat Service Kendaraan

Mobil bekas yang berkualitas dikarenakan riwayat service yang rutin. Olehnya riwayat service sang mobil perlu di pelajari.

8. Test Drive

Kamu secara langsung wajib melakukan test drive untuk mengukur dan menilai mobil bekas ini masih layak dibeli atau tidak.

9.Kelengkapan Surat Resmi

Selanjutnya kamu wajib memastikan. Kelengkapan surat-surat resmi mobil antara lain BPKB dan STNK asli.

10. Bawa Mekanik Sendiri

Untuk lebih meyakinkan mobil bekas berkualitas dan layak pakai, kamu perlu bawa Mekanik sendiri untuk melakukan pengecekan. Ini sangat pending karena mekanik sangat paham mesin dan komponen lainnya.

11. Asuransi Mobil

Tidak semua mobil memiliki asuransi, sehingga hal Ini tidak boleh luput dari penilaian kamu. Olehnya mobil bekas incaran harus dipastikan asuransinya

12. Kena Banjir

Hal terakhir cara membeli mobil bekas adalah pastikan kepada pemilik sebelumnya apakah mobil pernah terkena banjir atau tidak. Untuk memastikan kamu perlu cek Kondisi interior mobil apakah bau apek tidak. Kalau bau apek, maka mobil pernah terkena banjir.

Nah, Itu tadi tips penting membeli mobil bekas berkualitas. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar